Kabupaten Bandung Zona Merah, Bupati : Status Ini Bukan untuk Seluruh Wilayah

- 18 November 2020, 17:51 WIB
/

GALAMEDIA - Munculnya klaster baru di dua pondok pesantren, membuat Kabupaten Bandung dinyatakan masuk zona merah penyebaran covid-19 oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Selain itu, sebaran klaster keluarga dan industri, juga menjadi alasan peningkatan status wilayah yang dipimpin Bupati Bandung H. Dadang M. Naser tersebut.

“Ada dua pesantren yang kena, ditambah lingkungan industri, tempat pendidikan dan sebaran klaster keluarga. Klaster pesantren ini, menurut informasi awal yang saya terima, bermula dari orangtua yang menengok santri. Biasanya kan tidak masuk ke dalam, melainkan diterima di tempat tertentu,” ungkap Bupati Dadang Naser usai mengikuti Rapat Koordinasi Pelaksanaan Penanganan Covid 19 di Gedung Mohamad Toha Soreang, Rabu 18 November 2020.

Baca Juga: Inalillahiwainalillahirojiun!Kasus Covid-19 di Sumedang Kembali Melonjak

Status zona merah, jelasnya, bukan berarti di seluruh wilayah Kabupaten Bandung, namun hanya di tempat-tempat tertentu. Ia mengambil contoh saat satu kecamatan dinyatakan zona merah, itu karena ada peningkatan kasus di desa tertentu.

“Itu pun bukan seluruh desa, melainkan lingkungan di mana ada warganya yang terpapar,” jelas Dadang Naser.

Klaster keluarga di beberapa titik, tutur bupati, juga berasal dari tamu dari luar yang menghadiri acara keluarga di Kabupaten Bandung. Oleh karena itu, pada rapat koordinasi tersebut ia meminta untuk segera diambil langkah antisipasi terhadap para pengunjung yang datang.

Baca Juga: Letusan Gunung Merapi Semakin Dekat, Makhluk Ini Jadi Pertanda Bencana Terjadi

“50% kasus terpapar itu OTG (Orang Tanpa Gejala). Temuan peningkatan kasus covid-19 ini, terjadi setelah kita semakin gencar lakukan rapid dan swab test.

Setelah kasus pesantren muncul, terang Dadang, gugus tugas segera memberikan bantuan medis kepada pesantren tersebut. Sementara klaster lainnya, ditampung untuk diisolasi di RSUD Majalaya dan Balai Latihan Kerja (BLK) Baleendah. Ia mengimbau gugus tugas, untuk mencari tempat isolasi baru untuk mengantisipasi kasus susulan.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x