Kotaku Ubah Lahan Eks Terminal Jadi Pusat Oleh-oleh

- 22 November 2020, 16:06 WIB
Pembangunan pusat oleh-oleh di lahan eks terminal di Kabupaten Ciamis. /Kemen PUPR

GALAMEDIA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) mewujudkan permukiman perkotaan yang layak huni, produktif, dan berkelanjutan.

Melalui program ini juga, bertujuan meningkatkan kualitas dan pencegahan permukiman kumuh berbasis komunitas dengan tiga pendekatan yaitu: Sosial, Ekonomi dan Lingkungan (SEL}.  

Kegiatan pembangunan infrastruktur permukiman berupa pemenuhan terhadap 7 (tujuh) + 1 (satu) aspek kumuh, yaitu keteraturan bangunan, jalan lingkungan, drainase lingkungan, air minum, air limbah.

Baca Juga: Panglima TNI Sebut Media Sosial Kini Jadi Media propaganda dan Media Perang Urat Syaraf

Termasuk juga persampahan, proteksi kebakaran dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) serta didukung pengembangan infrastruktur ekonomi berbasis komunitas.

Dalam Upaya mendukung pengembangan infrastruktur ekonomi berbasis komunitas maka Kotaku melakukan intervensi Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) infrastruktur mendukung Livelihood (Penghidupan berkelanjutan).

Salah satu intervensi BPM infrastruktur mendukung livelihood pada program Kotaku di Jawa Barat adalah pembangunan galeri pusat oleh-oleh makanan olahan khas Ciamis di Kelurahan Maleber Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis.

Baca Juga: Penggunaan Anti Body Covid-19 yang Pernah Digunakan Donald Trump Kini Diperbolehkan

Lahan yang dimanfaatkan galeri tersebut adalah    ex terminal Maleber yang merupakan tanah milik Pemerintah Kabupaten Ciamis.

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X