Tanpa Alasan Jelas, Mike Pompeo Ingin AS Blokir Aplikasi TikTok

- 7 Juli 2020, 15:11 WIB
MIKE Pompeo, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat.* //ANDREW HARNIK/AFP

GALAMEDIA - Pemerintah Amerika Serikat (AS) kini tengah mempertimbangkan untuk memblokir aplikasi asal China. Salah satunya adalah aplikasi TikTok.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo, Selasa (7/7/2020). Ia mengatakan, AS sedang menimbang kemungkinan memblokir aplikasi media sosial dari Cina. Salah satunya, TikTok.

"Saya tidak ingin mendahului Trump, tetapi itu salah satu yang sedang kami timbang," ujar Pompeo sebagaimana dikutip dari kantor berita Reuters.

Baca Juga: Menggantang Subholding Pertamina Go Public

Meski begitu, Pompeo tak menyebutkan penyebab keinginannya untuk memblokir aplikasi tersebut. Namun memang saat ini hubungan kedua negara sedang tak harmonis.

Sejak wabah virus Corona meledak, hubungan Cina dan Amerika semakin tegang dalam berbagai hal mulai dari asal usul virus, masalah visa, masalah Laut Cina Selatan, hingga masalah Hong Kong.

Presiden AS Donald Trump pernah mengungkapkan memiliki pengalaman tidak enak dengan TikTok. Pada Juni lalu, pengguna TikTok mengerjainya untuk membuat lokasi kampanye Trump di Tulsa sepi. Mereka membuat imbaun di TikTok untuk membeli tiket kampanye dan kemudian meminta pembeli tidak hadir di acara pertama Trump sejak wabah Corona menyerang AS itu.

Baca Juga: Miliki Kecepatan 360 Kmh, Jepang Rilis Supreme Kereta Tercepat yang Bisa Melarikan Diri dari Gempa

Akibatnya, sebagian besar tribun di lokasi kampanye Trump kosong. Kurang lebih hanya 6.200 orang yang hadir di kampanye itu. Padahal, Trump sudah gembar-gembor akan ada sejuta pendukungnya yang hadir di Tulsa.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X