Barcelona vs Juventus, Messi dan Ronaldo Saling Salip Rekor Liga Champions Siapa Unggul Malam Nanti?

- 8 Desember 2020, 09:39 WIB
POTRET kolase Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.
POTRET kolase Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. /Instagram @cristiano @leomessi/

GALAMEDIA - Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo telah saling berhadapan di lapangan hijau selama lebih dari satu dekade. Saling salip rekor menandai level permainan keduanya.

Kepergian Ronaldo dari La Liga ke Serie A Italia musim 2018 membuat rivalitas Messi dan Ronaldo “terbatas” di Liga Champions saja.

Kembali berhadapan di kandang Barca pada laga lanjutan Grup G Liga Champions, Rabu (9 Desember 2020), hasilnya akan mengoreksi catatan impresif Messi dan Ronaldo di papan statistik.

Baca Juga: Dukung Komnas HAM Lakukan Pengusutan, Muhammadiyah Desak Polisi Bersikap Terbuka

Dan percaya atau tidak, catatan statistik tak lantas membuat pertanyaan siapa yang layak menyandang titel GOAT (Greatest of All Time) di antaranya menjadi mudah.

Pasalnya ada banyak "tapi" untuk setiap catatan rekor mereka. Tak percaya? Simak saja catatan impresif keduanya seperti dikompilasi Galamedia dari Goal, Selasa (8 Desember 2020):

Siapa unggul koleksi titel Liga Champions?

Ronaldo telah memenangkan Liga Champions lima kali, satu trofi lebih banyak daripada Messi.

Dan jika semua kemenangan Liga Champions Messi diraih dengan satu jersey  Barcelona klub tempatnya menghabiskan seluruh karier profesionalnya - Ronaldo melakukannya dengan dua klub berbeda.

Bintang Portugal ini meraih trofi CL untuk pertama kalinya pada 2007-08 sebagai pemain Manchester United, sebelum menjadi pemain kunci Real Madrid dan menyabet empat gelar Liga Champions.

Baca Juga: Polisi Ngaku Punya Bukti Video Bentrokan Laskar FPI dengan Petugas

Kemenangan terakhir Ronaldo di Liga Champions  pada musim  2018, saat  dominasi Real Madrid berakhir. Sementara Messi terakhir mencicipi gelar juara CL tahun 2015.

Menariknya, meski berusia dua tahun lebih muda dari Ronaldo, Messi jadi   yang pertama mendapatkan medali juara Liga Champions.

Pemain Argentina itu menjadi bagian dari skuat Barca yang sukses di ajang CL pada 2005-06. Messi bermain dalam enam pertandingan Liga Champions musim itu dan mencetak satu gol. Namun dia absen di final melawan Arsenal.

Baca Juga: Di Inggris, Warga Berusia di Atas 80 Tahun dan Petugas Kesehatan Jadi Prioritas Vaksinasi Covid-19

Siapa unggul titel top scorer awards Liga Champions?

Sebelum Robert Lewandowski memecahkan rekor dengan 15 gol pada musim 2019-20, Ronaldo dan Messi memuncaki daftar pencetak gol Liga Champions selama 12 musim berturut-turut.

Ronaldo finis sebagai pencetak gol terbanyak di Liga Champions dalam tujuh kesempatan berbeda. Sementara Messi menjadi pencetak gol terbanyak kompetisi dalam enam musim berbeda.

Baca Juga: Doni Munardo Ajak Masyarakat Habiskan Libur Natal dan Tahun Baru 2021 di Rumah Saja

Tahun-tahun terbaik Messi di Liga Champions untuk urusan pencetak gol terbanyak yaitu antara 2008 dan 2012 atau Barca di era Pep Guardiola. Messi menjadi pencetak gol terbaik selama empat musim berturut-turut.

Sedangkan Ronaldo mendominasi  enam musim berturut-turut dari 2012-13 hingga 2017-18. Meskipun ia terpaksa berbagi titel dengan Neymar dan Messi pada musim 2014-15.

Baca Juga: Romo Syafii Sebut Penembakan 6 Anggota FPI Pelanggaran HAM Berat

Tapi Ronaldo mampu mencatatkan  musim terbaiknya dengan mengantongi rekor 17 gol pada 2013-14. Rekor gol Messi dalam satu musim Liga Champions yaitu  14 gol (2011-12).

Musim Liga Champions 2019-20 menjadi yang terburuk bagi keduanya. Ronaldo hanya mencetak empat gol dalam delapan pertandingan dan Messi dengan tiga gol dalam delapan pertandingan.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: dailymail


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x