Keluarga Gus Dur Gelar Haul ke-11 Secara Daring Langsung dari Kota Jakarta, Yogyakarta dan Jombang

- 30 Desember 2020, 15:22 WIB
Gus Dur
Gus Dur /nuonline.com

GALAMEDIA - Keluarga KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur akan menyelenggarakan haul (peringatan wafat) sang mantan presiden, secara daring atau berbeda dari tahun sebelumnya yang diadakan tatap muka di Ciganjur, Jakarta, pada Rabu 30 Desember 2020.

“Tema haul ‘Persatuan dan Solidaritas untuk 1 Negeri dan 1 Cinta’ mengingatkan kita pada semboyan negara kita tercinta, yaitu Bhinneka Tunggal Ika,” kata putri ketiga Gus Dur, Anita Wahid, melalui siaran persnya, Rabu.

Anita yang menjadi ketua pelaksana haul Gus Dur mengatakan kegiatan peringatan dilakukan secara daring dengan dipusatkan pada tiga kota yaitu Jakarta, Yogyakarta dan Jombang.

Baca Juga: Rapid Test Antigen di Rest Area Tol Cipularang KM 125, Sasar Penumpang, Pengemudi dan Kondektur

Ia mengatakan pemilihan ketiga kota itu terkait erat dengan sejarah hidup Gus Dur. Dia ingin mengajak masyarakat belajar dari proses perjalanan hidup Gus Dur yang humanis.

“Bapak lahir di Jombang, menjalani masa kecil di Jakarta dan menghabiskan masa remajanya di Yogyakarta,” kata dia.

Anita mengatakan Indonesia sebagai sebuah negara multikultural tidak jarang mengalami berbagai gejolak dan konflik. Namun, Indonesia bisa bertahan karena terdapat persatuan dan solidaritas masyarakatnya.

Baca Juga: FPI Dinyatakan Ormas Terlarang, Fadli Zon: Praktik Otoritarianisme, Pembunuhan Demokrasi!

Menurut dia, Gus Dur memang sudah wafat sebelas tahun yang lalu. Tetapi semangat persatuan dan solidaritas ini terus dijaga oleh keluarga, sahabat, pengikut dan pengagum Gus Dur. Terbukti pada saat ini para Gusdurian menjadi salah satu elemen kekuatan masyarakat sipil.

“Ada ribuan penggerak Gusdurian yang terus menjaga nyala semangat yang ditinggalkan Gus Dur. Ada jutaan orang yang terinspirasi dengan laku Gus Dur dan kini sama-sama berjuang demi tegaknya Indonesia sebagai rumah bersama,” katanya.

Baca Juga: Ini Aplikasi Populer di Tahun 2020, Sudah Dicoba?

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x