Wabup Garut, Helmi Budiman: Bisa Bertambah Pulahan Warga Kampung Banjarsari Bungbulang Masih Menjalani Isolasi

- 23 Mei 2021, 20:56 WIB
Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman.
Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman. /Agus Somantri/


GALAMEDIA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut masih terus melakukan pemantauan di Kampung Banjarsari, Desa Hegarmanah, Kecamatan Bungbulang dimana terdapat puluhan warganya yang terpapar Covid-19.

Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, mengatakan saat ini puluhan warga Desa Hegarmanah tersebut masih menjalani karantina atau isolasi di daerah setempat, namun pihaknya akan melakukan pemeriksaan kembali dalam waktu dua atau tiga hari lagi.

"Karena kita kan ada yang namanya karantina eksit. Jadi karantina eksit itu setiap berkala, setiap tiga sampai lima hari kita periksa," ujarnya, Ahad 23 Mei 2021.

Menurut Helmi, karantina eksit, kalau yang negatif bisa keluar, bisa kerja di luar, pergi ke sawah atau ke kebun. Tapi yang dari luar tidak bisa masuk ke kampung tersebut, karena memang secara berkala data bisa berubah-ubah, bisa tetap 37 atau mungkin bertambah.

"Tapi kalau berkurang belum bisa karena belum sepuluh hari. Namun bisa bertambah, karena kita ada pemeriksaan yang sifatnya rutin kepada kampung tersebut. Nanti
setelah 15 hari kita akan evaluasi lagi apakah diperpanjang atau selesai di dalam situ," ucapnya.

Baca Juga: Tanggapi Ketidakhadiran Ganjar di Acara PDIP, Ferdinand: Bukan Masalah, Santai Saja!

Helmi menuturkan, bila terjadi penambahan yang gejalanya ringan akan tetap diisolasi di kampung tersebut misalkan di GOR setempat, namun bila ada yang gejalanya berat pasti akan dibawa karena tidak bisa kalau yang berat ditangani di daerah sebab yang berat itu harus rumah sakit yang tersedia dengan ventilator.

Sementara itu untuk jadup atau jatah hidup warga yang saat ini tengah menjalani isolasi, terang Helmi, bisa dari kabupaten atau dari desa karena Perbup memungkinkan dari desa.

"Oleh karena itu sekarang itu koordinasi antara desa dengan kabupaten. Alhamdulillah dari desa juga ada, kemudian dari kabupaten juga," katanya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, puluhan warga di Kampung Banjarsari, Desa Hegarmanah, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut dilaporkan terpapar Covid-19. Saat ini, puluhan warga tersebut tengah menjalani isolasi.

Baca Juga: Guru Besar UNAIR Sebut Data Bukan Tanggung Jawab Pemerintah, Said Didu : Prof Boleh Belajar Lagi

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x