Kemenag Berencana Adakan TWK bagi Para Penceramah di Indonesia, Tokoh Papua: Urus Kuota Haji Aja Gak Mampu!

- 5 Juni 2021, 10:58 WIB
Tokoh Papua Christ Wamena.
Tokoh Papua Christ Wamena. /Twitter @PutraWadapi


GALAMEDIA - Tokoh Papua, Christ Wamena baru-baru ini menyoroti perihal rencana Kementerian Agama (Kemenag), yang hendak membuat tes wawasan kebangsaan bagi penceramah di Indonesia.

Kompetensi yang serupa dengan tes wawasan kebangsaan itu bertujuan untuk memperkuat pemahaman para penceramah terkait modernisasi beragama dan wawasan kebangsaan.

Melalui akun Twitter pribadinya @PutraWadapi, dirinya mengungkapkan bahwa untuk menangani kuota haji saja Kemenag tak mampu. Apalagi ditambah degan rencana tes wawasan kebangsaan bagi para penceramah.

Baca Juga: Ernest Prakasa Kembali Soroti Sinetron 'Zahra': Apakah Pergantian Pemeran Menyelesaikan Masalah? Enggak!

Seperti yang diketahui pemerintah melalui Kementeria Agama telah memutuskan untuk membatalkan keberangkatan jemaah haji Indonesia tahun ini.

"Urus kuota haji tdk mampu tapi mau test wawasan kebangsaan bagi penceramah agama," ucap Christ Wamea dilansir Galamedia dari akun Twitter @PutraWadapi pada Sabtu, 5 Juni 2021.

Seperti diketahui sebelumnya, Kemenag dikabarkan akan segera menggelar bimbingan teknologi (bimtek), yang membahas soal moderasi beragama dan wawasan kebangsaan.

Hampir serupa dengan tes wawasan kebangsaan, kompetensi ini ditujukan untuk para penceramah di Indonesia agar semakin memperkuat pemahaman mereka soal wawasan kebangsaan.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkot Cimahi Batasi Pintu Masuk Pasar Tradisional

"Fasilitas pembinaan ini untuk meningkatkan kompetensi para dai dalam menjawab dan merespons isu-isu aktual dengan strategi metode dakwah yang menitikberatkan pada wawasan kebangsaan atau sejalan dengan semboyan hubbul wathan minal iman," kata Gus Yaqut.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x