Jokowi Resmikan Bendungan Ke-7 dari 17 Bendungan di Tahun Ini

- 7 September 2021, 18:56 WIB
Jokowi resmikan Bendungan Bendo.
Jokowi resmikan Bendungan Bendo. /Zona Surabaya Raya/Anto H

GALAMEDIA - Hari ini, Selasa, 7 September 2021 Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmikan Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Bendungan Bendo di bangun dengan biaya yang mencapai Rp 1,1 triliun. Bendungan ini memiliki kapasitas 43 juta meter kubik dengan genangan mencapai 170 hektare.

Tinggi bendungan 74 meter yang akan menyediakan irigasi untuk 7.800 hektare sawah dan pasokan air baku 370 liter per detik, serta diharapkan bisa mengurangi banjir sebesar 31 persen.

Baca Juga: PeduliLindungi Jadi Integrator Utama 3 Jurus Pengendalian Pandemi

Bendungan ini merupakan bendungan ke-7 yang di resmikan dan sudah beroprasi di tahun 2021, dari 17 bendungan yang akan di resmikan.

"Sekali lagi, 2021 telah dan akan diselesaikan 17 bendungan, artinya produktivitas di bidang pertanian dan penambahan pasokan air, kami harapkan akan meningkatkan produktivitas petani-petani" ujar Jokowi, dilansir Galamedia dari unggahan YouTube Sekertariat Kabinet RI.

Baca Juga: Ridwan Kamil Akui Kolaborasi Sangat Penting dalam Penanganan Covid di Jawa Barat

Tinggal 10 bendungan yang belum diresmikan yaitu Bendungan Paselloreng, Bendungan Ladongi, Bendungan Bintang Bano, Bendungan Ciawi, Bendungan Sukamahi, Bendungan Tugu, Bendungan Gongseng, Bendungan Pidekso dan Bendungan Margatiga.

Jokowi berharap bendungan-bendungan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk disambungkan ke seluruh jaringan irigasi, sehingga dapat meningkatkan produktivitas pertanian.***

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x