Responden Berpendapat Pancasila Buatan Manusia, Ada Kemungkinan Tidak Sempurna dan Dapat Diubah

- 1 Oktober 2021, 17:43 WIB
Lambang Garuda Pancasila.
Lambang Garuda Pancasila. /Mufid Iqm

GALAMEDIA - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei mengenai persepsi publik terhadap Pancasila.

Ada 10 persen responden yang berpendapat Pancasila merupakan buatan manusia sehingga ada kemungkinan itu tidak sempurna dan dapat diubah.

Namun, survei menemukan mayoritas responden percaya Pancasila merupakan dasar negara yang ideal dan tidak perlu diubah.

"Temuan secara umum, komitmen warga terhadap Pancasila sangat tinggi. Mayoritas warga dalam hal ini 82 persen (responden) menilai Pancasila adalah rumusan terbaik dan tidak boleh diubah atas alasan apapun untuk Indonesia yang lebih baik," kata Manajer Program SMRC, Saidiman Ahmad saat penyampaian hasil rilis secara virtual, Jumat, 1 Oktober 2021.

Baca Juga: UPDATE Covid-19 RI Jumat 1 Oktober 2021: 4.216.728 Positif, 4.039.835 Sembuh, 142.026 Meninggal Dunia

Saidiman melanjutkan, ada 2 persen responden yang menilai sebagian besar sila dalam Pancasila perlu diubah, sementara 1 persen lainnya yakin beberapa sila perlu diubah.

"Saya kira kalau ada satu kelompok yang berusaha mengubah Pancasila, itu artinya dia berhadapan dengan mayoritas publik Indonesia," katanya, dikutip dari Antara.

"8 dari 10 orang Indonesia tidak menginginkan perubahan pada Pancasila. Kira-kira demikian," lanjut Saidiman, peneliti kebijakan publik dan politik SMRC.

Temuan lain SMRC terkait persepsi publik terhadap Pancasila menunjukkan mayoritas responden berpendapat negara dan pemerintahan tidak boleh dijalankan hanya berdasarkan ajaran satu agama tertentu.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x