Duh, Hanya Warga di Tiga Kecamatan 'Kudu' Patuh Laksanakan PPKM Level 3

- 13 Februari 2022, 18:36 WIB
Pemkab Sumedang kebut vaksinasi booster,  untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 varian omicron.  Ade Hadeli/Galamedia//
Pemkab Sumedang kebut vaksinasi booster, untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 varian omicron. Ade Hadeli/Galamedia// /



GALAMEDIA - Warga di tiga kecamatan di Kabupaten Sumedang yakni Tanjungsari, Cimanggung dan Jatinangor, dipaksa 'kudu' patuh melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

Kebijakan tersebut menyusul pemberlakuan PPKM Level 3 di Bodebek dan Bandung Raya oleh Gubernur Jawa Barat dalam rangka mewaspadai lonjakan kasus Covid-19 dan Omicron yang melonjak beberapa waktu terakhir.

"Kabupaten Sumedang merupakan aglomerasi dari Bandung Raya, maka PPKM per kecamatan disesuaikan treatment-nya. Untuk Kecamatan Tanjungsari, Jatinangor, dan Cimanggung itu masuk Level 3. Sedangkan untuk kecamatan lainnya berada pada Level 2," ujar Bupati H.Dony Ahmad Munir, Minggu 13 Februari 2022.

Dimasukkannya tiga kecamatan tersebut ke PPKM Level 3 karena Tanjungsari, Jatinangor dan Cimanggung berbatasan langsung dengan Bandung serta padatnya penduduk di tiga wilayah tersebut.

Baca Juga: MES Jabar Kagum Atas Inovasi Ridwan Kamil di Pergub Jabar Tentang Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah

Selain itu, Pemkab Sumedang terus menerus memberikan pengertian kepada beberapa perusahaan yang berada di tiga kecamatan tersebut mengenai pemberlakuan PPKM Level 3.

Begitu pula pagelaran seni budaya, untuk sementara waktu akan ditiadakan tampil diacara-acara pernikahan pada tiga kecamatan tersebut.

"Namun kita masih bersyukur seni budaya hanya ditiadakan di tiga kecematan tersebut. Di luar tiga kecamatan tadi, seni dan budaya masih dibolehkan," tandasnya.

Sebut dia, semestinya semua kecamatan di Kabupaten Sumedang menerapkan PPKM Level 3. Namun karena yang terkait langsung dengan Bandung Raya adalah tiga kecamatan, jadi hanya tiga kecamatan itu yang memberlakukan PPKM Level 3. Dan itu sesuai dengan arahan Gubernur, wilayah yang berbatasan langsung dengan Bandung Raya yang diterapkan Level 3. Artinya hanya tiga kecamatan tersebut.

Baca Juga: Eks Menkes Khawatir Kasus Omicron Bisa Gagalkan Kegiatan G-20, Begini Penjelasan Mantan Kepala BAIS

Bupati menegaskan dua langkah yang menjadi priorotas utama dalam pencegahan penyebaran covid 19 omicron, yakni percepatan vaksinasi dan pengetatan protokol kesehatan.

"Saya tegaskan dua hal penting dalam penangan Covid-19 dan Omicron, yakni percepatan vaksinasi dan menekankan pentingnya protokol kesehatan, terutama penggunaan masker," katanya.

Sementara itu, dari data terakhir, perkembangan Covid-19 di Sumedang, ada 141 kasus, atau naik 7 kasus dari sebelumnya 134 kasus.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x