Zulkifli Hasan: Haraga Bahan Pokok di Kota Bandung Stabil dan Stok Aman

- 23 Juni 2022, 10:01 WIB
Zulkifli Hasan: Haraga Bahan Pokok di Kota Bandung Stabil dan Stok Aman
Zulkifli Hasan: Haraga Bahan Pokok di Kota Bandung Stabil dan Stok Aman /Remy Suryadie/galamedia/

GALAMEDIA - Sepekan menjabat Menteri Perdagangan, Zulkfli Hasan melakukan sidak perdana ke wilayah Jawa Barat dengan mendatangi Pasar Kosambi, Kota Bandung, Kamis 22 Juni 2022.

Kedatangannya untuk memastikan bahwa stok pangan yang ada di pasar-pasar tradisonal di wilayah Jabar khususnya Kota Bandung mencukupi dan tidak ada kenaikan harga.

"Setelah saya turun dan cek langsung ke pedagang yang ada di pasar ini harga stabil. Tidak ada kenaikan lagi bahkan cabai sudah cenderung turun," katanya.

"Kemarin cabai itu kan merah keriting Rp100 ribu lebih, tadi saya beli Rp 80 ribu ya. Cabai rawit kemarin saya tanya di Cibubur Rp120 ribu, sekarang sudah Rp100 ribu. Jadi cenderung sudah ada penurunan," jelas Zulkifli.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 23 Juni 2022: Andin Tolak Permintaannya, Elsa Langsung Ancam Lakukan Ini

Ia mengungkapkan, untuk harga daging di pasar-pasar tradisional, hingga saat ini masih dalam keadaan stabil. Namun menurutnya, harga daging bisa tiba-tiba naik akibat krisis energi dan pangan.

"Lalu daging memang stabil, tapi stabil setelah naik. Biasanya Rp140 ribuan, ini Rp150 ribu. Tapi stabil, nggak ada kenaikan," tuturnya.

"Tapi begini saudara-saudara, sekarang ini kan dunia memanas, apalagi ada perang antara Rusia dan Ukraina, jadi ada krisis energi dan pangan, harga di mana-mana melambung," kata dia.

Dia mengakan, saat ini pemerintah berupaya untuk membantu masyarakat dalam hal harga maupun stok pangan.

Baca Juga: Daftar Harga Emas Pegadaian Hari Ini 23 Juni 2022 Antam dan UBS Turun

"Bahwa pemerintah sudah sekuat tenaga membantu masyarakat sesuai dengan kemampuan maksimal," kata dia.

Di samping itu, Zulkfili memastikan tidak ada permainan harga dari para tengkulak. Pihaknya berharap masyarakat segera melaporkan kepada Kementerian Perdagangan apabila hal itu terjadi.

"Kalau ada yang nakal, kita bisa cabut ya, di agen itu bisa diganti sama yang lain makanya kita iklankan siapa-siapanya kemudian masyarakat bisa lapor. Kalau ada yang nakal bisa langsung hari itu juga kita berikan langkah tindakan. Jadi cepet sekarang, ya. Saya kira gak akan berani lagi," ucap dia.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x