Pemkot Bandung Kembali Raih WTP, Oded Minta Minimalisasi Penyimpangan

- 29 Juni 2020, 23:20 WIB
Humas Kota Bandung.
Humas Kota Bandung. /

GALAMEDIA - Pemerintah Kota (Pemkot) kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2019. Prestasi ini menjadi yang kedua kali bagi Pemkot Bandung sejak era kepemimpinan pasangan Oded M. Danial dan Yana Mulyana.

Terkait hal itu, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial merasa sangat bersyukur LKPD bisa dibuat secara tertib. Ia mengapresiasi dan berterima kasih kepada semua pihak atas kerja kolektifnya menghadirkan kembali opini WTP bagi Pemkot Bandung.

“Mudah-mudahan dengan opini wajar tanpa pengecualian ini, merupakan spirit kita selama dalam menyampaikan laporan pertanggungjawaban keuangan ke BPK RI. Kita mulai rapih dan bagus,” ucap Oded di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Senin (29/6/2020).

Baca Juga: ASN Pemprov Jabar Serahkan Rp 11 Miliar Untuk Menangani Covid-19

Ia berharap hasil tersebut menjadi motivasi dalam penyelenggara pemerintahan di Kota Bandung. Pemkot Bandung harus senantiasa menjunjung nilai integritas dalam menjalankan pembangunan.

“Saya berharap ketika opininya WTP bisa dibarengi dengan meminimalisir penyimpangan dalam proses pembangunan di Kota Bandung,” tegasnya.

Lebih lanjut Oded memastikan, dalam waktu dua bulan ke depan pihaknya akan menindaklanjuti sejumlah catatan dari BPK. Hal ini menjadi wujud komitmen Pemkot Bandung untuk terus memperbaiki kinerjanya dalam menyusun pelaporan.

Baca Juga: Banyak Masalah pada Bansos Provinsi , Telur Diganti Susu Plus Lima Lembar Masker

“Insya Allah harus komitmen bahwa LHP (Laporan Hasil Pemeriksaan) ini sejak diberikan, maka 60 hari sejak kita mendapatkan opini harus segera tindak lanjuti," tuturnya.

Kepala Inspektorat Kota Bandung, Fajar Kurniawan mengungkapkan, Pemkot Bandung juga mendapat apresiasi dari Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas sertifikasi aset.

Baca Juga: Hari Ini 13 Provinsi Nihil Kasus Baru Covid-19, Banyak Pasien Sembuh

“Sertifikasi aset mendapat perhatian Kopsurgah KPK. Minggu lalu sudah dilakukan diskusi. KPK RI mengapresiasi progres luar biasa Kota Bandung," ungkapnya.

"Sertifikasi aset sudah cukup baik dan terstruktur. Setiap tahun ada perkembangan untuk sertifkasi aset,” imbuh Fajar.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x