Antakya Turki Diguncang Gempa Mematikan, Nasibnya Berubah Menjadi Kota Hantu

- 23 Februari 2023, 09:57 WIB
Sebuah bangunan yang hancur terlihat pada malam hari, setelah gempa bumi mematikan, membuatnya seperti kota hantu  di Antakya, Provinsi Hatay, Turki, 21 Februari 2023
Sebuah bangunan yang hancur terlihat pada malam hari, setelah gempa bumi mematikan, membuatnya seperti kota hantu di Antakya, Provinsi Hatay, Turki, 21 Februari 2023 /REUTERS/Clodagh Kilcoyne/

GALAMEDIANEWS - Antakya adalah salah kota di Turki yang tak luput diguncang gempa dahsyat dengan kekuatan 7,8 SR. Kota ini berubah drastis yang dulunya ramai kini berupa seperti kota hantu yang tak berpenghuni.

Baca Juga: Sarapan ala Ade Rai, Kira-kira Apa Saja Ya Menu yang Menjadi Santapannya Sehari-hari?

Baca Juga: UPDATE Korban Gempa Turki : Korban Jiwa Lebih Dari 42.000 Orang

Penduduknya sudah meninggal dan pergi mengungsi meninggalkan kota 

Kota hantu Antakya Jelas terlihat dengan banyaknya truk-truk, kendaraan darurat, dan ekskavator berjejer di jalan-jalan sepi di Antakya, Turki, setelah gempa bumi besar ketiga dalam dua pekan terakhir mempercepat eksodus dari kota yang dulunya ramai itu menjadi kota yang sepi tak berpenghuni.

Selain itu, kondisi Antakya Turki yang porak-poranda dengan jalanan yang gelap gulita, lampu-lampu yang melintas memperlihatkan gundukan reruntuhan, kaca-kaca jendela yang pecah, dan besi-besi yang tersangkut.

Lampu merah dan biru yang berkedip-kedip dari kendaraan militer dan polisi memantul pada fasad bangunan yang miring membuatnya benar-benar menjadi seperti kota hantu

Meski berubah menjadi kota hantu, masih terdengar suara ekskavator yang mengeruk puing-puing bergema di jalanan, sementara polisi, tentara, dan petugas tanggap bencana melihat, berkerumun di sekitar api kecil yang menghiasi trotoar yang retak. Sesekali, penggalian berhenti untuk pekerja darurat memeriksa kemungkinan adanya mayat.

"Semua orang telah tiada," kata Mehmet Ay, seorang pria berusia 50 tahun yang selamat dari gempa yang telah tinggal di Antakya sepanjang hidupnya, dan merupakan salah satu dari sedikit penduduk yang masih bertahan.

Halaman:

Editor: Imam Ahmad Fauzan

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x