Pakar Reza Indragiri Amriel, Sarankan Kapolri Usut Dana Janggal Rp349 Triliun

- 9 April 2023, 16:26 WIB
 Pakar Reza Indragiri Amriel sarankan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo untuk mengusut tuntasdana jangal Rp349 triliun /asaindonesia.or.id
Pakar Reza Indragiri Amriel sarankan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo untuk mengusut tuntasdana jangal Rp349 triliun /asaindonesia.or.id /

GALAMEDIANEWS - Pakar Reza Indragiri Amriel, peneliti di ASA Indonesia Institute, menyarankan agar Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo secara aktif mengusut tuntas kasus pencucian uang senilai Rp349 triliun yang diungkap oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Pakar Reza Indragiri Amriel mengatakan bahwa Polri harus terus meningkatkan portofolionya dalam bentuk penindakan kasus-kasus korupsi. Hal itu untuk meyakinkan publik bahwa Polri tidak kalah dari Kejaksaan Agung.

"Jika Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo maju memburu siapa saja yang terlibat dalam skandal Rp349 triliun tersebut, maka hal itu dapat menjadi penawar bagi kegeraman masyarakat atas banyaknya kasus dan gejolak yang ditimbulkan akibat ulah oknum polisi," ujar Pakar Reza Indragiri Amriel dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu, 8 April 2023.

Baca Juga: 4 Tempat Wisata di Kota Magetan yang Wajib Kamu Kunjungi, cocok untuk Ngabuburit Rame-Rame

Pakar Reza Indragiri Amriel juga menyoroti berita "walk out" anggota Polisi yang bertugas di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat Brigadir Jenderal Polisi Endar Priyantoro bertemu dengan Firli Bahuri.

Ia mengatakan bahwa aksi ini seperti jilid lain dari 'Cicak vs Buaya'. Namun, makna dari Polemik antara Polisi dan KPK (dalam kasus Endar Priantoro) perlu ditelaah secara menyeluruh.

"Idealnya, saya berharap dengan walk outnya anggota kepolisian itu adalah semacam keteguhan sikap dalam pemberantasan korupsi dan bukan hanya sekedar menyalanya jiwa korsa karena adanya usikan personel polisi dari non polri," katanya.

Reza juga mengatakan jika aksi tersebut merupakan bentuk keteguhan dalam pemberantasan korupsi, maka polisi harus didukung. Memang, gesekan antara kedua institusi tersebut sedikit banyak dapat mempengaruhi kekompakan penegakan hukum.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x