Bawaslu Kota Semarang Temukan 2 ASN Terlibat Politik Praktis dan Langgar Netralitas

- 11 Juni 2023, 06:01 WIB
Sosialisasi Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bekasi, Jawa Barat terkait netralitas aparatur pada Pemilu Serentak 2024 di Hotel Sunerra Antero Jababeka Cikarang, Jumat
Sosialisasi Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bekasi, Jawa Barat terkait netralitas aparatur pada Pemilu Serentak 2024 di Hotel Sunerra Antero Jababeka Cikarang, Jumat /ANTARA/Pradita Kurniawan Syah/

GALAMEDIANEWS - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang menemukan adanya pelanggaran yang dilakukan oleh dua aparatur sipil negara (ASN) dalam kegiatannya yang berkaitan dengan partai politik peserta Pemilu 2024.

"Kami mendapat informasi dari masyarakat. Sebenarnya itu kegiatan pemerintah, tapi ada pengurus partai politik yang 'nyelonong'. Mereka menggunakan seragam partai politik," kata Naya Amin Zaini, anggota Bawaslu Kota Semarang di Semarang, Sabtu. 10 Juni 2023

Naya Amin Zaini mengatakan bahwa kedua ASN yang ternyata adalah pemangku kepentingan setempat itu semestinya menyampaikan kepada pengurus parpol bahwa ini adalah kegiatan pemerintah yang tidak boleh menggunakan atribut parpol.

"Akhirnya, kami panggil sekretaris camat dan lurah. Kami menjelaskan kepada mereka bahwa mereka tidak melakukan upaya yang tegas dan berani, sehingga mereka menegaskan bahwa hal ini tidak diperbolehkan (bagi pengurus parpol - red.)," katanya.

Baca Juga: Satgas COVID-19: Masyarakat Bisa Bepergian Tanpa Masker, dalam Kondisi Sehat 

Anggota Bawaslu Kota Semarang ini lebih lanjut mengatakan, mereka bukannya mengjindar, kedua ASN tersebut malah mengambil foto dan video para petinggi parpol tersebut, disertai komentar dukungan, dan mengunggahnya di media sosial.

"Ada foto dan video (dengan petinggi parpol, red.) yang telah diunggah di Tiktok. Kami melaporkannya ke Komisi ASN (KASN) dan sanksi telah dijatuhkan. Itu adalah pelanggaran ringan dan mereka telah meminta maaf," katanya.

Namun demikian, ia mengatakan kedua ASN tersebut akan terus dipantau, dan jika kedapatan mengulangi pelanggaran tersebut dalam kurun waktu tertentu, maka akan dikenakan sanksi yang lebih berat.

Baca Juga: Revitalisasi Pasar Banjaran Kabupaten Bandung Penuh Intimidasi, Eman: Bukan Menolak tapi Mempertahankan Hak

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x