Ridwan Kamil: Membangun Daerah Jangan Hanya Mengandalkan APBD

- 15 Juni 2023, 19:29 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil didampingi Kepala Bapenda Jabar, Dedi Taufik, saat memberi keterangan kepada media di sela Raker Asosiasi Pengelola Pendapatan Daerah Indonesia (APPDI), Kamis, 15 Juni 2023./Lucky M Lukman/Galamedianews
Gubernur Jabar Ridwan Kamil didampingi Kepala Bapenda Jabar, Dedi Taufik, saat memberi keterangan kepada media di sela Raker Asosiasi Pengelola Pendapatan Daerah Indonesia (APPDI), Kamis, 15 Juni 2023./Lucky M Lukman/Galamedianews /

GALAMEDIANEWS - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan, membangun daerah tak bisa hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) saja.

Menurutnya, dalam membantu pembangunan di daerah, masih ada delapan pintu sumber anggaran lainnya yang bisa dimanfaatkan bahkan dimaksimalkan.

Hal itu disampaikan Ridwan Kamil kepada para peserta Asosiasi Pengelola Pendapatan Daerah Indonesia (APPDI) yang menghadiri Rapat Kerja (Raker) di The Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Kamis, 15 Juni 2023.

Baca Juga: DPRD Jabar Ultimatum Panitia PPDB, Gus Ahad: Titip Menitip Itu Ilegal!

Ridwan Kamil mengajak para peserta APPDI untuk mulai mengubah pola pikir dalam membangun, di tengah keterbatasan anggaran.

"Poin utama itu menginspirasi agar jangan berpikir APBD, APBD, APBD. Tapi berpikir cara lain untuk membangun daerahnya dengan segala keterbatasan," ujarnya.

Mantan Wali Kota Bandung ini menuturkan, APBD hanya bisa berkontribusi sekitar 20 persen dari 100 persen kemampuan pembangunan. Oleh karena itu, ujar dia, pembiayaan pembangunan suatu daerah pun memerlukan kontribusi dari pintu lain.

"Kalau semuanya meminta ke APBD untuk segala urusan, nggak cukup. Karena APBD itu maksimal hanya 20 persen," tutur Ridwan Kamil.

"Ada delapan pintu (sumber anggaran) yang bisa diolah. Bisa dari pinjaman daerah, bisa dari CSR yang harus dikejar, ada yang namanya obligasi daerah, dan ada juga dana umat untuk kegiatan sosial," tambahnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x