Kasus Korupsi Walikota Bandung, Uang Suap Dari Pengusaha Mengalir ke Anggota Dewan Sebesar Rp 100 Juta

- 10 Juli 2023, 11:59 WIB
Sidang suap kasus Korupsi Walikota Bandung non Aktif  Yana Mulyana, saksi bongkar penerima uang suap
Sidang suap kasus Korupsi Walikota Bandung non Aktif Yana Mulyana, saksi bongkar penerima uang suap /Galamedia News

GALAMEDIA NEWS - Kasus korupsi suap Walikota Bandung non aktif Yana Mulyana kembali digelar sidangnya di Pengadilan Tipikor Bandung pada Senin 10 Juli 2023 di Ruang Utama PN Bandung Jalan LL RE Martadinata Kota Bandung.

Dalam kasus korupsi Walikota Bandung dengan terdakwa Sony Setiadi Direktur Utama PT Citra Jelajah informatika (PT CIFO). Benny Direktur PT Sarana Mitra Adiguna (PT SMA), dan Andreas Guntoro Vertical Solution Manager PT SMA.

Dalam sidang terungkap bahwa pekerjaan di Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung tersebut untuk tahun 2022 dipotong untuk fee 10 persen dari nilai proyek. Dan uang dari hasil suap dari pengusaha itu dibagi bagi salah satunya ke Walikota Bandung, Kepala Dinas dan anggota DPRD Kota Bandung dan Sekda Kota Bandung.

Baca Juga: Fenomena Bank Emok Sudah Level Membahayakan, Hailuki: Harus Ada Solusi Nyata

Demikian diungkapkan Andri Fernando Sikabat, Kepala Seksi Lalulintas Dishub Kota Bandung saat menjadi saksi di Pengadilan Tipikor Bandung. Selain Andri juga jadi saksi Yadi Haryadi, Yohanes dan Dimas yang juga merupakan saksi dari Dishub Bandung.

Saat ditanya jaksa KPK Tito Djaelani dihadapan persidangan, Andri menjelaskan untuk tahun anggaran 2022, proyek di Dishub tersebut mendapat keuntungan 10 persen dari nilai paket proyek.

"Saya kadang mengambilnya dari pihak swasta, kadang pihak ketiga juga yang mengantarkan langsung," ujar Andri didepan persidangan.

Kemudian Andri pun menyebut bahwa uang-uang tersebut dikasihkan ke Choriul Rijal selaku atasannya di Dishub Kota Bandung yang juga ditangkap dalam kasus OTT Walikota Bandung.

Andri tahu persis karena memang fee 10 persen itu dipotong dari pemborong. Lalu Tito menyayangkan dilayar tentang isi percakapan WA, seperti ada chat: Apil sebesar 500 juta.

Halaman:

Editor: Ryan Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x