Hadapi El Nino, Pemerintah Purwakarta Jaga Produktivitas Padi

- 21 Juli 2023, 21:51 WIB
Ilustrasi petani memanen sawah./bandung.go.id
Ilustrasi petani memanen sawah./bandung.go.id /

 

GALAMEDIANEWS - Menghadapi kemarau panjang akibat fenomena El Nino, Pemerintah Kabupaten Purwakarta Jawa Barat melakukan berbagai antisipasi agar produktivitas padi tetap terjaga.

"Produktivitas padi harus terjaga, supaya dapat mencapai target produksi padi tahun ini," ujar Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika di Purwakarta, Jumat 21 Juli 2023.

Agar produksi padi tetap terjaga dari dampak El Nino, Bupati Anne Ratna memaparkan langkah mitigasi yang harus dipersiapkan secara matang dan sejak dini, seperti pengelolaan infrastruktur sumber daya air.

Baca Juga: Pembangunan Pedestrian Siliwangi di Cianjur Akan Rampung Pada September 2023

Untuk mengamankan jumlah pasokan air pertanian selama musim kemarau, pengelolaan air sumber daya air harus dilaksanakan dengan baik.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta, Sri Jaya Midan menyatakan, sampai sekarang pihaknya terus melakukan langkah-langkah antisipasi menghadapi El Nino.

"Selain mengoptimalkan semua infrastruktur sumber daya air, kita sudah melaksanakan mitigasi dengan membantu pengadaan bibit padi dari varietas yang bisa bertahan saat musim kemarau," katanya, dilansir dari Antara.

Baca Juga: Kandungan dalam Protein Hewani Efektif Mencegah Stunting

Selain itu, pihaknya sedang melakukan pendampingan berkelanjutan untuk para petani. Jika ada persoalan di lapangan, akan segera diselesaikan.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x