Lintasan 'S' Ujian Praktik SIM C Sudah Berlaku, 'Atraksi Sirkus' Angka 8 dan Zig-zag Resmi Dihapus

- 10 Agustus 2023, 05:38 WIB
Lintasan S menjadi jalur baru yang digunakan pada ujian praktik pembuatan SIM C
Lintasan S menjadi jalur baru yang digunakan pada ujian praktik pembuatan SIM C /Antara News - Aditya Pradana Putra/

GALAMEDIANEWS - Lintasan untuk ujian praktik pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) C untuk kendaraan bermotor secara resmi telah diperbaharui sejak hari ini Senin, 7 Agustus 2023.

Kini masyarakat bisa bernafas lega, karena tes pembuatan SIM C yang mirip atraksi sirkus sekarang sudah ditiadakan.

Lintasan yang tersedia sebelumnya berbentuk zig-zag dan angka 8, namun telah dihapus sesuai instruksi Kapolri. Dilansir oleh GALAMEDIANEWS dari pikiran-rakyat.com, pada Selasa, 8 Agustus 2023.

Atas arahannya tersebut, masyarakat yang menjadi peserta ujian praktik akan diuji menggunakan lintasan yang baru berbentuk S untuk mempermudah mendapatkan SIM C.

"Kita menerima masukan dari masyarakat bahwa ujian dengan metode angka 8 dirasakan cukup menyulitkan," kata Kakorlantas Polri Irjen. Pol. Drs. Firman Santyabudi, Jumat 4 Agustus 2023.

Baca Juga: Lintasan Ujian SIM C Diganti Menjadi Huruf S, Masyarakat Berikan Respon Positif

Ia juga menambahkan bahwa lintasan baru untuk ujian praktik SIM C mulai dioperasikab pada hari Senin, 7 Agustus 2023, di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat.

"Saya sengaja datang ke Daan Mogot dan nanti hari Senin kita harapkan dua hari ini masing-masing jajaran sampai ke tingkat Polres bisa menerapkan ujian seperti yang kita lihat pada sore hari ini. Jadi teman-teman yang di daerah, teman-teman media yang di wilayah bisa melihat langsung di Polres masing-masing apakah sudah tersedia layout yang seperti ini," ujar Firman Santyabudi.

Pembuatan SIM Dilakukan Secara Non Tunai

Selain lintasan praktik SIM C yang diperbaharui, pihak kepolisian juga menerapkan untuk biaya pembuataannya dapat dibayar melalui Bank.

Tujuannya agar peserta tidak lagi melakukan antrean di loket pembayaran pembuatan SIM.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x