Dugaan Adanya Pelecehan di Ajang Miss Universe, Dirjen HAM Angkat Bicara

- 12 Agustus 2023, 21:24 WIB
Dirjen HAM Angkat bicara soal dugaan pelecehan final Universe Indonesia.
Dirjen HAM Angkat bicara soal dugaan pelecehan final Universe Indonesia. /ANTARA/HO-Humas Kemenkumham Jatim/

GALAMEDIANEWS - Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia Kementerian Hukum dan HAM (Dirjen HAM Kemenkumham) Dhahana Putra angkat bicara soal adanya dugaan pelecehan terhadap finalis Miss Universe Indonesia 2023.

Dirjen HAM mengatakan apabila dugaan pelecehan terhadap finalis Miss Universe Indonesia itu benar, maka ini menjadi catatan buruk bagi kompetisi perempuan yang bertujuan untuk aktualisasi diri.

Baca Juga: Jokowi Menginginkan Masyarakat Naik LRT Jabodebek Agar Masyarakat Beralih ke Transportasi Massal

"Kami melihat ini sebagai catatan buruk dalam kontes Miss Universe karena pelecehan seksual jelas tidak sejalan dengan tujuan diselenggarakannya ajang Miss Universe,” kata Dhahana sebagaimana dikutip Galamedianews dari Antara, pada 12 Agustus 2023.

Ia menyebutkan hal ini tidak bisa ditoleransi dengan alasan apapun, terkhusus lagi bagi Indonesia. Ini karena Indonesia memiliki aturan yang menjaga kehormatan perempuan melalui Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS).

Baca Juga: LINK LIVE STREAMING Athletic Bilbao vs Real Madrid di Liga Spanyol, Kick-Off Mulai Pukul 02.30 WIB

Terlebih lagi Indonesia telah memiliki kesepakatan internasional dalam memenuhi hak-hak perempuan melalui meratifikasi Konvensi International Convention on Elimination of All Forms of Discrimation Againts Women (CEDAW).

Dhahana juga turut mengapresiasikan langkah penegak hukum yang secara cepat menangani dugaan kasus pelecehan terhadap finalis Miss Universe Indonesia 2023.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x