Satgas Covid-19: Awalnya Indonesia Tidak Siap Menghadapi Pandemi

- 3 September 2020, 17:23 WIB
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito.
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito. /

GALAMEDIA - Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan Indonesia belum berhasil menekan dan mencegah penularan Covid-19 secara konsisten secara nasional.

Wiku menyatakan, kondisi tersebut ditunjukkan oleh penurunan dan peningkatan kasus yang terjadi.

"Kemarin (Rabu, 2 September 2020) tepat enam bulan perjuangan Indonesia menghadapi Covid-19. Awalnya Indonesia tidak siap menghadapi pandemi, namun dengan berjalan waktu beberapa bulan awal akhirnya kita semua berhasil mengendalikan dan menekan kasus," katanya.

Baca Juga: Sogok Rp 2,9 Miliar, Miliarder Coba Muluskan Jalan Anaknya Diterima di Universitas

Hal itu disampaikan Wiko saat memberikan keterangan pers secara virtual di Jakarta, Kamis, 3 September 2020. Menurut Wiku, dalam beberapa pekan terakhir kembali terlihat peningkatan jumlah kasus yang sangat signifikan.

Artinya, ujar Wiku, Indonesia belum berhasil menekan dan mencegah penularan secara konsisten.

"Artinya apa, artinya kita belum berhasil menekan dan mencegah penularan secara konsisten, secara nasional. Ini tugas kita semua, tidak hanya pemerintah tapi seluruh masyarakat agar patuh menerapkan kedisiplinan protokol kesehatan, baik individu maupun masyarakat secara kolektif," papar dia dilansir Antara.

Baca Juga: Premium Bakal Dihapus, PKS: Pemerintah Tak Peka, Rakyat Butuh Bantuan Bukan Justru Dibebani

Sejauh ini pemerintah telah mengeluarkan sejumlah kebijakan untuk menyikapi pandemi agar masyarakat tetap aman namun juga produktif.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x