Lagu Perjuangan Indonesia yang dijiplak Malaysia

- 28 September 2023, 16:32 WIB
Lagu Perjuangan Indonesia yang dijiplak Malaysia.
Lagu Perjuangan Indonesia yang dijiplak Malaysia. /Pexels @Blaz Erzetic/

GALAMEDIANEWS – Mingu lalu, orang-orang rame membahas tentang akun YouTube Bahasa melayu yang mempunyai video lagu Helo Kuala Lumpur yang nadanya sama persis dengan lagu Halo-halo Bandung.

Lagu ini sebene]arnya sudah diupload sejak Mei 2020, tapi baru ketahuan belakangan ini oleh netizen Indonesia. Duta besar Indonesia untuk Malaysia sudah minta tolong pada otoritas penyiaran Malaysia untuk melacak akunnya, tapi ternyata akunnya dikelola dari india.

Musik itu sifatnya Universal. Tujuan aturannya pun dibuat supaya diseluruh dunia sama, jadi mempermudah adanya pembagian hak dan kewajiban. Karena itu, diseluruh dunia idealnya ada standar royalti dan perlindungan hak cipta.

Biar bagaimanapun juga, lagu Halo-halo Bandung itu salah satu lagu perjuangan. Cerita dibalik lagu itu penting banget dan tidak bisa diremehkan, jadi lagunya tidak boleh dijiplak begitu saja.

Baca Juga:  3 SMA Terbaik di Kabupaten Blora yang Masuk Ranking Nasional Versi LTMPT

Malaysia sudah menandatangani perjanjian yang sama dengan Indonesia (konvensi Bern), dimana hukum di Malaysia harapannya sama seperti di Indonesia. Kejadian plagiat lagu Halo-halo Bandung harusnya bisa segera selesai, tinggal orang yang punya hak bisa melaporkan atau menunjuk institusi untuk memprosesnya.

Sebenarnya selain menggunakan jalur hukum, yang mempunyai hak cipta juga bisa ambil tindakan lewat pengaduan di platformnya.

Dia bisa mengirim report jika ada konten yang melakukan pelanggaran hak cipta atas sebuah karya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Instagram @awkarin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x