Peduli Pendidikan, APKASI Sediakan 5.000 Kuota Beasiswa untuk Putra Putri Daerah ke Perguruan Tinggi Negeri

- 17 Oktober 2023, 22:16 WIB
APKASI sediakan 5.000 kuota beasiswa bagi putra putri daerah yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan./ Diskominfo Kabupaten Bandung
APKASI sediakan 5.000 kuota beasiswa bagi putra putri daerah yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan./ Diskominfo Kabupaten Bandung /

GALAMEDIANEWS – Sebagai bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan, APKASI atau Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia menyediakan 5.000 kuota Program Beasiswa Indonesia Emas - Daerah bagi putra putri daerah yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri.

Selain menyediakan beasiswa ke Perguruan Tinggi Negeri, upaya APKASI untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan pendidikan daerah juga dilakukan melalui program-program strategis seperti memberikan pelatihan Matematika dan Bahasa Inggris cepan serta menyenangkan bagi 200 ribu guru di seluruh Indonesia, serta beasiswa ke luar negeri termasuk Timur Tengah.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Ketua APKASI, Dadang Supriatna yang juga merupakan Bupati Bandung dalam Rakor para Koordinator Wilayah APKASI di Jakarta hari ini, Selasa 17 Oktober 2023 bersama dengan mitra Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara dan 21 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.

“Dengan kuota sebanyak 5.000 beasiswa, putra-putri terbaik daerah tentunya akan secara maksimal diserap melalui program tersebut sebagai upaya mempersiapkan Indonesia Emas 2045,” ujarnya.

Baca Juga: Bupati Bandung Serukan untuk Segara Daftar Beasiswa ‘Besti’, Kang DS: Jangan Sampai Kehabisan Kuota

Dadang Supriatna juga mengatakan, kenyataan di daerah, angka harapan lama sekolah dengan rata-rata lama sekolah belum berbanding lurus. Hal ini membuat Program Beasiswa Indonesia Emas-Daerah menjadi penting sebagai bentuk dukungan dan tanggung jawab pemerintah dalam memfasilitasi pengembangan keterampilan dan akademik putra-putri daerah.

Lebih lanjut Dadang Supriatna atau yang akrab disapa Kang DS menjelaskan bahwa, program beasiswa ini juga hadir sebagai respon APKASI untuk mengurangi kesenjangan pendidikan antardaerah serta dalam menghadapi era globalisasi yang menuntut generasi muda menguasai keterampilan teknologi.

Pada kesempatan itu, ia juga mengusulkan agar pengelolaan SMA dikembalikan kembali kepada pemerintah kabupaten/kota sehingga dapat mengurangi kendala pemerintah daerah dalam menaikkan kualitas pendidikan masyarakat di daerahnya.

“Mengulas dari berbagai data yang ada, pada dasarnya partisipasi masyarakat untuk menempuh pendidikan tinggi di Indonesia mengalami peningkatan yang sangat signifikan meskipun ada kesenjangan antardaerah dalam menyediakan pendidikan tinggi di daerahnya sehingga belum merata, salah satu contohnya di Kabupaten Bandung,” ujarnya menjelaskan.

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: Diskominfo Kabupaten Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x