Jakarta PSBB, IHSG pada Awal Pekan Bergerak Naik. Ada apa Ya?

- 14 September 2020, 10:16 WIB
Ilustrasi penerapan PSBB.
Ilustrasi penerapan PSBB. /

GALAMEDIA - Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang mulai berlaku hari ini, Senin 14 Septwmber 2020, ternyata mensorong Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI).

Pada awal pekan ini, IHSG Senin pagi dibuka menguat 43,31 poin atau 0,86 persen ke posisi 5.060,02. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak naik 11,1 poin atau 1,43 persen menjadi 789,41.

"IHSG hari ini diperkirakan akan positif menanggapi kebijakan diperketatnya kembali PSBB DKI Jakarta," tulis Tim Riset Samuel Sekuritas dalam laporan yang dikutip Antara, Senin.

Baca Juga: Penusuk Syekh Ali Jaber Dijerat Pasal 351 KUHP, Ancaman Hukuman Terlalu Ringan?

Penggerak pasar pada pekan ini akan berasal dari dalam negeri yaitu kebijakan PSBB DKI yang kembali diresmikan melalui Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 88.

PSBB akan berlangsung selama dua minggu dimulai dari 14 September 2020 dimana 11 sektor esensial masih boleh beroperasi dengan kapasitas 50 persen. Sedangkan kantor di luar dari 11 sektor tersebut masih boleh beroperasi dengan kapasitas 25 persen.

Restoran dilarang untuk makan di tempat, mall dan pasar boleh beroperasi dengan kapasitas 50 persen. Tempat wisata publik dan museum kembali ditutup.

Baca Juga: PSBB Jakarta, Bank Mandiri Sesuaikan Layanan Operasional di Sejumlah Kantor Cabang

Sementara transportasi publik masih boleh beroperasi dengan dikurangi kapasitas dan frekuensinya sebesar 50 persen dan kebijakan ganjil genap ditiadakan.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x