Jelang Pemilihan Ketua DPC Peradi Bale Bandung, Budi Gunawan: Advokat Harus Lebih Profesional dan Beretika

- 16 Desember 2023, 22:55 WIB
Budi Gunawan maju pada pemilihan Ketua DPC Peradi Bale Bandung 2023-2028
Budi Gunawan maju pada pemilihan Ketua DPC Peradi Bale Bandung 2023-2028 /Dok.Meliatama/

 

GALAMEDIANEWS - Masa bakti kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia (DPC Peradi) Bale Bandung periode 2019-2023  akan berakhir jadi tidak lama lagi Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia (DPC Peradi) akan menggelar Musyawarah Cabang (Muscab).

Muscab ini akan menjadi Muscab yang pertama kali diselenggarakan karena pada periode sebelumnya jabatan ketua DPC Peradi Bale Bandung ditunjuk langsung oleh DPN Peradi.

Advokat senior, Budi Gunawan,SH.MH. yang sebelumnya menjabat sebagai wakil ketua DPC Peradi Bale Bandung dan sekaligus sebagai Ketua Dewan Penasehat Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) Bale Bandung akan maju sebagai calon Ketua DPC Peradi Bale Bandung untuk masa jabatan 2023-2028.

Pada perbincangan di sela pertandingan final BG CUP 2023 Advocate Futsal Match, Budi Gunawan memaparkan alasannya  maju pada pemilihan Ketua DPC Peradi Bale Bandung 2023-2028.

Baca Juga: Indeks Reformasi Hukum Pemkab Bandung Paling Tinggi se-Indonesia, Raih Penghargaan dari Menkumham RI

"Dukungan dari rekan-rekan advokat mendorong saya untuk maju dalam pencalonan Ketua DPC Peradi Bale Bandung 2023-2028," ujar Budi Gunawan.

Selain itu, Budi Gunawan menitikberatkan pada peningkatan kemampuan dan pengetahuan para advokat sehingga dapat menjadi advokat yang lebih profesional, mumpuni dan beretika.

Hal ini penting untuk diperhatikan karena profesi advokat adalah profesi yang memberikan layanan kepada masyarakat. Saat ini, peran advokat sangat dibutuhkan oleh masyarakat berkaitan dengan masalah-masalah hukum yang dialami oleh masyarakat.

"Saya berharap bahwa stigma advokat khususnya advokat Bale Bandung terus menuju ke arah yang lebih baik lagi," tambah Budi Gunawan.

DPC Peradi Bale Bandung lahir pada 2018 dan beranggotakan 334 advokat yang terdaftar di DPN dan berada di wilayah Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Cimahi.

Baca Juga: Dedi Mulyadi Sindir Mahfud MD Usai Ganjar Pranowo Beri Nilai 5 Penegakan Hukum Era Jokowi

Budi Gunawan, SH, MH. merupakan salah satu sosok penting di organisasi ini sehingga menduduki jabatan sebagai wakil ketua. Tidak heran jika saat ini banyak anggota yang mendorong Budi untuk maju menjadi kandidat Ketua DPC Peradi Bale Bandung 2023-2028.

Dalam waktu dekat  Budi Gunawan akan menggelar deklarasi untuk semakin mengukuhkan langkahnya pada ajang kontestasi pemilihan Ketua DPC Ketua DPC Peradi Bale Bandung yang baru.

Budi optimis dengan kesolidan anggota DPC Peradi Bale Bandung mampu mewujudkan harapannya untuk merekatkan persatuan dan kebersamaan advokat Bale Bandung. Selain itu, keberadaan DPC Peradi Bale Bandung semakin diperhitungkan tidak hanya di kancah nasional tapi juga internasional.

Budi Gunawan bersama pemenang turnamen futsal BG CUP 2023 Advocate Futsal Match
Budi Gunawan bersama pemenang turnamen futsal BG CUP 2023 Advocate Futsal Match

BG CUP 2023 Advocate Futsal Match

Langkah awal untuk mewujudkan kesolidan dan kebersamaan antar anggota Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) se-Bandung Raya , Budi Gunawan menginisiasi BG CUP 2023 Advocate Futsal Match yang berlangsung pada 15-16 Desember 2023.

Final pertandingan futsal yang memperebutkan piala BG CUP 2023 itu antara Posbakum PN Bale Bandung FC melawan Sundawani FC sudah berlangsung pada Sabtu malam, 16 Desember 2023 di lapangan Futsal Bikasoga Kota Bandung.

Akhirnya, Posbakum PN Bale Bandung FC berhasil keluar sebagai pemenang setelah mengalahkan Sundawani FC dengan skor 4-1. Piala untuk para juara diserahkan langsung oleh Budi Gunawan 

Turnamen futsal ini merupakan perhelatan pertama bertajuk BG CUP 2023 Advocate Futsal Match ini memperebutkan hadiah piala dan uang tunai jutaan rupiah. Adapun tim futsal yang berpartisipasi pada BG CUP 2023 Advocate Futsal Match ada 13 tim futsal.

Baca Juga: Dirjen PP Kemenkumham Bakal Pilih Kanwil dan Kadiv Hukum Terbaik di Anugrah Registrasi 2023

Pada kesempatan yang sama, Budi Gunawan,SH.MH, pencetus turnamen BG Cup 2023 menjelaskan bahwa dia berharap advokat guyub artinya para advokat selalu menjaga silaturahmi dan kebersamaan.


"Maksud diselenggarakannya event futsal ini adalah untuk menjaga silaturami  diselenggarakan dalam rangka membangun silaturahmi antara sesama advokat anggota Peradi Bale Bandung, calon Advokat dan lintas organisasi advokat se-Bandung Raya”, ucap Budi Gunawan.

Budi berharap kegiatan futsal ini tidak hanya berhenti sampai di sini saja tapi terus menjadi kegiatan rutin yang dapat mempererat hubungan antara seluruh advokat se-Bandung raya, Peradi Bale Bandung, Peradi Kota Bandung, IKADIN maupun lintas organisasi Advokat.***

Editor: Lina Lutan


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x