WHO Beberkan Fakta Baru Soal Covid-19, Satu dari Tujuh Infeksi Menyerang Petugas Kesehatan

- 17 September 2020, 20:17 WIB
Direktur Jenderal (Dirjen) Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus.
Direktur Jenderal (Dirjen) Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus. /Foto: Instagram @drtedros/

GALAMEDIA - Satu dari tujuh kasus Covid-19 yang dilaporkan ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terjadi pada petugas kesehatan.

Bahkan di beberapa negara angkanya meningkat menjadi satu dari tiga petugas. Demikian disampaikan WHO pada Kamis, 17 September 2020.

WHO menyeru agar petugas medis garis depan diberikan peralatan pelindung untuk mencegah mereka terinfeksi virus corona baru. Terlebih berpotensi menyebarkannya ke pasien dan keluarga mereka.

Baca Juga: Mengejutkan, Sejak Akhir Agustus Kasus Covid-19 di Inggris Melonjak Hingga 167 Persen

"Secara global sekitar 14 persen kasus Covid yang dilaporkan ke WHO terjadi di antara petugas kesehatan dan di beberapa negara sebanyak 35 persen," kata direktur jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Dia menambahkan data terbatas dan sulit untuk mengetahui apakah orang terinfeksi di tempat kerja atau di komunitas mereka.

Tedros berpidato dalam konferensi pers untuk memperingati Hari Keselamatan Pasien Sedunia, di saat jumlah orang yang dilaporkan terinfeksi virus corona mendekati 30 juta, dengan 938.291 kematian, menurut hitungan Reuters.

"Bukan hanya risiko infeksi. Setiap hari, petugas kesehatan terkena stres, kelelahan, stigma, diskriminasi bahkan aksi kekerasan," jelasnya.

Baca Juga: Sejumlah Ruas Jalan di Bandung Ditutup, Warga: Setuju Saja, Asalkan.....

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x