Pertempuran antara pasukan Israel dan Hamas berkecamuk setelah hampir 200 orang tewas di Gaza

- 30 Desember 2023, 17:12 WIB
Tank Israel di Wilayah Gaza
Tank Israel di Wilayah Gaza /Reuters/ Ronen Zvulun/

GALAMEDIANEWS - Tembakan tank Israel yang sengit dan pemboman udara menghantam Khan Younis di Jalur Gaza pada Jumat malam, kata penduduk, setelah hampir 200 orang dilaporkan tewas dalam 24 jam dalam kampanye Israel melawan militan Hamas.

Pesawat juga melakukan serangkaian serangan udara di kamp Nuseirat di Gaza tengah, menurut petugas medis dan wartawan Palestina.

Pasukan Israel telah menggempur Khan Younis dalam persiapan untuk mengantisipasi kemajuan lebih lanjut ke kota selatan utama, petak-petak yang mereka rebut pada awal Desember.

Menteri Pertahanan Yoav Gallant mengatakan pasukan mencapai pusat komando Hamas dan depot senjata. Militer Israel mengatakan telah menghancurkan sebuah kompleks terowongan di ruang bawah tanah salah satu rumah pemimpin Hamas untuk Gaza, Yahya Sinwar, di Kota Gaza.

Dua belas minggu setelah militan Hamas menyerbu kota-kota Israel, menewaskan 1.200 orang dan menangkap 240 sandera, pasukan Israel telah menyia-nyiakan sebagian besar Jalur Gaza karena mengejar perangnya yang bertujuan memberantas kelompok Islamis tersebut.

Hampir semua dari 2,3 juta orang Gaza telah meninggalkan rumah mereka setidaknya sekali dan banyak yang bergerak lagi, sering terpaksa berlindung di tenda-tenda darurat atau meringkuk di bawah terpal dan lembaran plastik di tanah terbuka.

Baca Juga: Serangan Udara Israel Tewaskan Puluhan Orang di Salah Satu Malam Paling Mematikan Dalam Perang

Jalur pantai yang sempit hanya sepanjang 40 km (25 mil), menjadikannya salah satu daerah terpadat di dunia.

Otoritas kesehatan Gaza mengatakan 187 warga Palestina dipastikan tewas dalam serangan Israel dalam periode 24 jam, meningkatkan jumlah keseluruhan menjadi 21.507 - sekitar 1% dari populasi Gaza. Ribuan mayat lainnya dikhawatirkan akan dimakamkan di reruntuhan lingkungan.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x