Kembali Dipercaya Pemerintah, Pos Indonesia Siap Sukseskan Distribusi Bantuan Beras 2024

- 12 Januari 2024, 13:05 WIB
Dirut Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi dan Dirut Bulog Bayu Krisnamurthi saat pemaparan program BP-CBP di Jakarta, Kamis (11/1/2024).
Dirut Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi dan Dirut Bulog Bayu Krisnamurthi saat pemaparan program BP-CBP di Jakarta, Kamis (11/1/2024). /Pos Indonesia/

GALAMEDIANEWS - Pos Indonesia (PosIND) siap menyukseskan penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah (BP-CBP) alokasi periode Januari-Juni 2024. Kesiapan ini seiring telah terdistribusikannya seluruh bantuan beras periode 2023 kepada penerima bantuan pangan (PBP).

Menurut Direktur Utama Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi, tahun ini PT Pos Indonesia (Persero) kembali dipercaya Pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui Perum Bulog untuk menyalurkan BP-CBP 2024 kepada 13.415.219 PBP di 20 provinsi dari total 38 provinsi. Alokasi nasional BP-CBP 2024 yaitu kepada 22.004.077 penerima atau sejumlah 220.040.770 Kg beras per bulan.

“Untuk distribusi Januari hingga Juni 2024, kami dipercaya menyalurkan sekitar 62 persen alokasi bantuan beras nasional. Kepercayaan ini terus meningkat, berkaca pada kesuksesan distribusi yang dilakukan Pos Indonesia dari program sebelumnya,” jelas Faizal pada penyampaian program BP-CBP di Perum Bulog, Jakarta, Kamis, 11 Januari 2024. 

Menurut dia, program BP-CBP tahun 2023 melalui Pos Indonesia telah terdistribusikan 100 persen. Pendistribusian diberikan kepada PBP sesuai dengan amanat pemerintah. Hal itu juga yang menjadi alasan Pos Indonesia kembali menang tender untuk pendistribusian bansos beras tahun 2024.

Menurut Faizal, amanat Bulog kepada Pos Indonesia untuk mendistribusikan program bansos beras didapatkan melalui tender terbuka yang dilakukan Bulog dengan sangat fair. Proses penetapan pemenang tidak hanya melihat kepada tarif distribusi namun juga aspek teknis dan teknologi.

Baca Juga: Perkenalkan Logo Baru, Pos Indonesia Komitmen Lakukan Transformasi Bisnis Logistik

“Tarif, teknologi, dan pelayanan menjadi penjamin terpenuhinya akuntabilitas dalam penyelesaian pekerjaan. Ini menjadi penilaian utama kenapa Pos Indonesia kembali dipercaya untuk mendistribusikan bantuan beras pada tahun ini,” katanya.

Menurut dia, untuk menjamin kelancaran distribusi, Pos Indonesia telah menggunakan teknologi canggih, Aplikasi Pos Giro Cash (PGC). Aplikasi ini melakukan validasi secara akurat penerima bantuan. Penerima yang telah mendapatkan bantuan dapat diketahui dari foto diri bersama dengan identitas yang dibawa yaitu KTP/KK. Termasuk titik atau lokasi dimana penerima bantuan menerima beras.

“Semua dapat dilihat titik koordinatnya dalam peta atau maps. Penerima juga diketahui by name by address, termasuk ada foto penerimanya. Jadi ini sangat akurat,” ujar dia.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x