Mengelola Sampah di Samoja Bersama Kang Empos

- 21 Februari 2024, 11:00 WIB
Kang Empos, alat pengolahan sampah yang sudah masif digunakan di Kelurahan Samoja./
Kang Empos, alat pengolahan sampah yang sudah masif digunakan di Kelurahan Samoja./ //Diskominfo Kota Bandung

GALAMEDIANEWS - Mengelola dan mengolah sampah memang pekerjaan yang tak mudah. Namun, di Kelurahan Samoja, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, mengelola sampah kini menjadi gaya hidup.

Sejak lama, di Kelurahan Samoja memang sudah menerapkan proses pengelolaan sampah yang baik dan benar. Warga pun diajak untuk sama-sama melakukannya.

Baca Juga: Masuk Peringkat Nasional, 2 SMA Terbaik di Kabupaten Tanah Datar Ini Bisa Jadi Sekolah Favorit Saat PPDB 2024

Di Kelurahan Samoja ini, ada cara mengelola sampah yang sangat dikenal dan menjadi ciri khas. Ya, namanya Kang Empos. Kang Empos ini menjadi media andalan pengelolaan sampah di Kelurahan Samoja.

Kang Empos merupakan singkatan dari Karung, Ember dan Pengomposan. Metode ini masih menjadi metode andalan untuk pengelolaan sampah di Kota Bandung, khususnya di Kelurahan Samoja Kecamatan Batununggal

Dengan jumlah masyarakat sekitar 12.200 jiwa atau 3.612 Kepala Keluarga, Kelurahan Samoja menjadikan Kang Empos sebagai metode garda terdepan pengelolaan sampah.

"Kang Empos simpel, efektif, efisien dan murah pelaksanaannya. Tidak memerlukan biaya besar," terang Lurah Samoja, Murni Hidayah Nasution, pada kegiatan Podcast Bersama Humas Bandung, baru-baru ini.

Baca Juga: Media Sosial Bisa Berdampak Buruk untuk Anak, Ini Cara Pencegahannya

Ia menuturkan, wilayahnya telah lama menerapkan Kang Empos. Meskipun secara perlahan, 11 RW di seluruh wilayah Samoja telah melaksanakan Kang Empos.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: bandung.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x