Indonesia Raih Peringkat 3 MTQ Internasional di Iran

- 25 Februari 2024, 14:15 WIB
Nuriah Jurian Arga qariah Indonesia yang meraih peringkat 3 MTQ di Iran.
Nuriah Jurian Arga qariah Indonesia yang meraih peringkat 3 MTQ di Iran. //kemenag.go.id/

GALAMEDIANEWS – Indonesia telah berhasil memenangkan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional peringkat ketiga. Ajang ini diadakan di Teheran, Iran pada 15 – 21 Februari 2024.

Kasubdit Lembaga Tilawah dan Musabaqah Al-Qur'an dan Hadist Rijal Ahmad Rangkuty  mengaku bangga dengan prestasi ini. Karena pada ajang di Iran ini merupakan ajang MTQ yang bergengsi dan pada tahun 2024 merupakan MTQ Internasional ke-40 di Teheran Iran.

"Ini adalah kabar yang menggembirakan bagi kita, karena kita tahu MTQ Internasional di Iran adalah gelaran yang sangat kompetitif dan sudah berjalan cukup lama," Ucap Rizal pada Sabtu, 24 Februari 2024.

Baca Juga: Kecamatan Bojongloa Kidul Sabet Juara MTQ ke-48 Tingkat Kota Bandung

Nuriah Jurian Arga selalu qariah Indonesia yang memenangkan prestasi ini juga sempat menjuarai MTQ Nasional di Kalimantan Selatan pada tahun 2022. Selan itu Menurut Rijal, Nuriah Jurian juga memiliki kriteria dan standarisasi dari ajang MTQ di Iran ini.

Ada beberapa tahapan yang dilakukan Nuriah Jurian selama menjadi kontestan qariah di Iran. Mulai dari babak penyisihan yang dilakukan pada bulan September dan Desember 2023 yang dilakukan secara daring, hingga fase final yang digelar di Teheran, Iran.

Rijal juga berharap dengan adanya prestasi dari Nuriah Jurian ini dapat memicu anak bangsa lainnya untuk bisa meraih prestasi di bidang Tilawatil Qur'an. Pasalnya hingga saat ini prestasi MTQ yang dimenangkan oleh Indonesia pada kancah Internasional sudah berkembang.

Baca Juga: Tutup MTQ Tingkat Provinsi, Ridwan Kamil: Implementasi Visi Jabar Juara Lahir Batin

"Kita berharap, ke depan, anak-anak bangsa ini bisa termotivasi menggapai prestasi yang lebih dari saat ini. Kita berharap akan hadir juara-juara baru yang berasal dari penyelenggaraan MTQ di Indonesia," Ucap Rijal.

Selain mengirimkan perwakilan untuk cabang MTQ di Taheran Iran, Indonesia juga mengirimkan perwakilan-perwakilan untuk cabang tilawah putra, yakni Khadar Raswadi Rasyid dari LPTQ DKI Jakarta.***

Editor: Heriyanto Retno

Sumber: kemenag.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x