Patut Dicontoh! Mahasiswa Unisba Kelola Sampah Kampus dan Hasilkan Cuan

- 1 Maret 2024, 08:47 WIB
Mahasiswa Universitas Islam Bandung (Unisba) kelola sampah secara mandiri di kampus, Kamis 29 Februari 2024
Mahasiswa Universitas Islam Bandung (Unisba) kelola sampah secara mandiri di kampus, Kamis 29 Februari 2024 /Diskominfo Kota Bandung

GALAMEDIANEWS - Ada anggapan Generasi Z ringkih dan tak peduli lingkungan. Tapi, sejumlah mahasiswa Universitas Islam Bandung (Unisba) yang tergabung dalam unit kegiatan mahasiswa Clear and Green membantah hal itu.

Clear and Green mulai aktif pada tahun 2017. Para mahasiswa mencoba untuk mengelola sampah yang ada di kampus. Mereka ingin berkontribusi menyelesaikan masalah sampah di Kota Bandung.

Baca Juga: Pasca Pemilu Polarisasi Jadi Distraksi?

Clear and Clean yang beranggotakan 23 mahasiswa ini memilah sampah yang ada di kampus. Para mahasiswa memisahkan sampah organik dan anorganik. Hasilnya tak main-main.

Dari sampah yang diolah dijadikan kompos dan hasilkan cuan. Clear and Green menjual kompos dengan ukuran 1 kilogram seharga Rp5.000 dan 500 gram seharga Rp3.000. Target pasarannya yaitu dosen-dosen di Unisba .

"Kita menjual pupuk kompos ini tidak menggunakan plastik pada umumnya, tapi menggunakan bio plastik, plastik yang dibuat dari sari umbi-umbian. Jadi ramah lingkungan 6-35 bulan sudah bisa terurai," kata Ketua Umum Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Clear and Green, Agus Wibowo, dilansir laman resmi Pemkot Bandung.

Baca Juga: TOP 17 SMK Negeri dan Swasta Terbaik 2024 di Kota Surabaya Jawa Timur Versi Kemendikbud

"Rencana ke depan kita bakal jual di online shop," imbuh Agus yang juga Mahasiswa Fakultas Teknik Bidang Studi Teknik Industri Unisba.

Kompos produksi UKM ini juga digunakan untuk pupuk tanaman yang dikelolanya. Ada sejumlah sayuran yang ditanam oleh Clean and Green di area kampus Unisba.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: bandung.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x