Kabupaten Cianjur Selama 5 hari di Guncang 9 Kali Gempa Bumi

- 19 Juni 2024, 20:19 WIB
Peta pusat gempa bumi yang melanda wilayah Kabupaten  Cianjur dan sekitarnya Rabu 19 Juni 2024.
Peta pusat gempa bumi yang melanda wilayah Kabupaten Cianjur dan sekitarnya Rabu 19 Juni 2024. /Tangkapanlayar Instagram @bmkgwilayah2/

GALAMEDIANEWS – Setelah sehari sebelumnya Selasa 18 Juni 2024 di guncang tiga rangkaian gempa bumi tektonik, pada Rabu 19 Juni 2024 Kabupaten Cianjur Jawa Barat dan sekitarnya kembali di guncang gempa bumi. Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 1.9 terjadi pada pukul 14.01 WIB.

Dalam keterangannya Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah II Tanggerang sebagaimanai dikutip GalamediaNews dari Instagram @bmkgwilayah2 disebutkan, hari Rabu, 19 Juni 2024 pukul 14.01 WIB, wilayah Kabupaten Cianjur Jawa Barat dan sekitarnya di guncang gempa bumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 1,9.

Baca Juga: Kabupaten Cianjur Jawa Barat di Guncang 3 Kali gempa Bumi Tektonik, Terkuat Magnitudo 3.4

Sementara episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6.82 derajat Lintang Selatan dan  107.2 derajat Bujur Timur. Tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 kilometer Timur Laut pusat Kabupaten Cianjur pada kedalaman 27 kilometer.

Sementara untuk jenis dan mekanisme gempa bumi, BBMKG Wilayah II Tanggerang dalam keterangannya menyebutkan bahwa dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal. Gempa bumi tektonik yang terjadi akibat aktivitas sesar lokal atau  Sesar Cugenang.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan atau Shakemap BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kecamatan Cianjur dengan Skala Intensitas II MMI.  Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Baca Juga: Dinihari Tadi Warga Kabupaten Cianjur Jawa Barat dan Sekitarnya Dikejutkan Lini

“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut. Monitoring gempabumi sejak tanggal 15 Juni 2024 hingga 19 Juni 2024 pukul 14.30 WIB telah terjadi gempabumi sebanyak 9 kali pada lokasi yang berdekatan, 4 diantaranya dirasakan oleh masyarakat,” kata Kepala BBMKG Wilayah II Hartanto.

BBMKG Wilayah II Tanggerang merekomendasikan, kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. “Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi di media sosial Instagram atau Twitter dengan alamat @bmkgwilayah2 atau @infoBMKG. Juga di website dengan alamat https://bbmkg2.bmkg,go.id, atau https://www.bmkg.go.id dan inatews.bmkg.go.id,” tutup Hartanto.***

Editor: Heriyanto Retno

Sumber: Instagram @bmkgwilayah2


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah