PWI dan IJTI Deklarasikan Diri Dukung Pilkada Aman, Sehat dan Damai

- 17 Oktober 2020, 18:23 WIB
PWI dan IJTI deklarasikan pilkada damai /Ebgkos iosasih/

GALAMEDIA - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bandung dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Korda Bandung Raya deklarasikan mendukung terselenggaranya Pilkada Bandung  9 Desember 2020 yang aman, sehat dan damai, Sabtu 17 Oktober 2020. 

Tekad kedua organisasi wartawan di Kabupaten Bandung tersebut diwujudkan dalam acara sosialisaai pelaksanaan peliputan, pemberitaan dan penyiaran oleh Pers pada Pilkada di masa Pandemi Covid 19 yang diinisiasi KPU Kabupaten Bandung di Soreang. 

Pada acara tersebut juga disampaikan 6 poin deklarasi, yaitu menolak segala bentuk intervensi dan kekerasan terhadap pers, menolak berita hoaks dan isu sara, serta melaksanakan kode etik jurnalistik dan menjunjung tinggi kebhinekaan dalam proses peliputan, pemberitaan dan penyiaran Pilkada Bandung 2020. 

Baca Juga: Kepengurusan IKA UNPAD Harus Dukung Jawa Barat sebagai Provinsi Terdepan di Indonesia

Selain itu kedua organisasi wartawan itu juga berkomitmen mendukung suksesnya Pilkada yang aman, damai, sehat, demokratis dan berintegritas. Kemudian senantiasa menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan tugas, serta siap bertanggungjawab atas segala bentuk pelanggaran sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ketua PWI Kabupaten Bandung, H. Rahmat Sudarmaji mengatakan, sebagai tindaklanjut komitmen ini, pihaknya akan mengeluarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) Peliputan di Masa Pandemi Covid-19. SOP ini dipandang masih relevan mengingat kasus terinfeksi Covid-19 masih relatif tinggi.

"Kami akan menerbitkan Surat Edaran tentang SOP Peliputan. Nanti kita edarkan kepada semua stakeholder," ujar Rahmat, usai menghadiri acara Sosialisasi Prosedur Peliputan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bandung, di Rumah Makan Sarumpun Dapuran Awi, Panyirapan, Soreang.

Baca Juga: Dikira Karung, Warga Purwadadi Ditemukan Tewas di Sungai Tarum Timur

Secara bergiliran, pemateri dari PWI yakni Handri Handriansyah dan Mujib Prayitno dari IJTI, memaparkan komitmen kedua organisasi wartawan tersebut dalam melaksanakan liputan Pilkada di tengah bencana non alam saat ini.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X