KIM Dorong Partisipasi dan Kecerdasan Masyarakat di Pilkada Serentak 2020

- 13 November 2020, 16:27 WIB
Koordinator IK Hankam Ditjen IKP Kemkominfo RI, Dikdik Sadaka. (Foto: istimewa)
Koordinator IK Hankam Ditjen IKP Kemkominfo RI, Dikdik Sadaka. (Foto: istimewa) /

GALAMEDIA - Hari H pencoblosan pada Pilkada serentak 2020 tak lebih dari sebulan lagi. Semakin mendekatinya waktu, masyarakat masih tampak kurang antusias, terlebih saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.

Di tengah persoalan itu, keterbukaan informasi menjadi hal yang mutlak dan diharapkan mampu mencerdaskan masyarakat khususnya terkait memilih pemimpin di Pilkada serentak 2020.

Sudah menjadi keniscayaan di dalam kehidupan bernegara dalam sistem demokrasi masyarakat diminta menentukan pemimpinnya. Lalu muncul pertanyaan, pemimpin yang seperti apa yang dibutuhkan oleh masyarakat?

Baca Juga: Sebelum Lengser, Trump Buru-buru Bikin Aturan Baru Menyangkut China

Menjawab hal tersebut, masyarakat diminta mengikuti semua proses Pilkada serentak 2020 dari berbagai media agar bisa mengetahui rekam jejak calon, lalu menjatuhkan pilihan pada calon yang terbaik.

Untuk meningkatkan pemahaman, partisipasi dan kecerdasan masyarakat dalam memilih pemimpin, Kominfo melibatkan banyak unsur salah satunya adalah Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

KIM sebagai mitra Kominfo merupakan agen informasi yang bisa langsung menyampaikan ke masyarakat, menyajikan berita dan informasi yang benar serta sekaligus mengantisipasi dan meluruskan berita yang menyesatkan alias hoaks.

"KIM merupakan salah satu mitra strategis pemerintah, berperan sebagai motor penggerak untuk mengedukasi masyarakat agar tetap berpartisipasi aktif dan cerdas dalam Pemilihan Serentak 2020," kata Koordinator IK Hankam Ditjen IKP Kemkominfo RI, Dikdik Sadaka, dalam rilisnya, Jumat 13 November 2020.

Baca Juga: Hakim Perintahkan Eks Wakil Ketua Kadin Jabar Dikeluarkan dari Tahanan

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x