Mendibuk Luncurkan UKBI Adaptif Merdeka Secara Daring

- 29 Januari 2021, 13:29 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. /Tangkap layar instagram.com/@nadiemmakarim/

GALAMEDIA - Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka diluncurkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim secara daring di Jakarta, Jumat 29Januari 2021.

“Kemendikbud melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa sebagai unit utama, memiliki komitmen yang sangat tinggi dalam kemajuan bahasa dan kesastraan. Saat ini telah dilakukan banyak inovasi dalam hal pengembangan, pembinaan, dan peningkatan fungsi bahasa Indonesia yang diharapkan dapat bermuara pada layanan profesional di bidang bahasa dan kesusastraan,” ujar Nadiem, Jumat.

UKBI merupakan instrumen uji untuk mengukur kemahiran berbahasa Indonesia penutur bahasa asing. Melalui usaha intensif, kata dia, yang melibatkan peserta uji coba sebanyak 2.190 dari seluruh Indonesia. Pada tahun 2020, Badan Bahasa telah melahirkan sistem UKBI daring seiring dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan melahirkan UKBI Adaptif Merdeka.

Baca Juga: Novel Sarankan Kapolri Bebaskan HRS, Ferdinand Hutahaean: Semua Agama Cinta Hukum dan Kebenaran

“Pengembangan UKBI adaptif merupakan bentuk keberhasilan pemerintah dalam kemajuan pengembangan bahasan dan sastra melalui lompatan dalam hal desain dan layanan uji,” tambah dia.

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Endang Aminudin Aziz, mengatakan UKBI mengalami banyak perkembangan, format isi dan model penyelenggaraan sejak digagas pada 1990-an.

“Dalam rentang tersebut, UKBI mengalami banyak perubahan mulai dari format, isi dan model penyelenggaraannya, mulai dari berbasis kertas hingga internet atau daring,” kata Aminudin.

Baca Juga: ACT Garut Luncurkan Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan (GNLSP) Tahun 2021

Akan tetapi revolusi UKBI baru terjadi dalam enam bulan terakhir yakni sejak Agustus 2020, yang mana diubah format, isi dan metode penyelenggaraannya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x