Usai Ditemui AHY, Ketua Umum Partai Demokrat Pertama Malah Ikutan Ingin Kudeta Bersama Relawan Jokowi

- 19 Februari 2021, 22:27 WIB
Agus Harimurti Yudhoyon atau AHY.
Agus Harimurti Yudhoyon atau AHY. //Instagram/@agusyudhoyono




GALAMEDIA - Sejumlah pendiri dan politikus senior Partai Demokrat yang berniat mengkudeta Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terus melakukan konsolidasi.

Tujuan pertemuan tersebut yakni mendorong kongres luar biasa (KLB) untuk mengganti putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

Salah satu pendiri Partai Demokrat Darmizal mengungkapkan pertemuan para politikus senior partainya itu digelar pada Kamis, 18 Februari 2021.

Meski tidak menyebut lokasi pertemuannya, Darmizal memastikan agendanya ialah membahas ketidakpercayaan terhadap AHY.

Baca Juga: Andi Arief: Kak Mul, Jangan Serang Wanita, Istri Ketum Kami Seperti Ibu dan Istri Anda

"Kami melakukan pertemuan antara pendiri, senior Partai Demokrat, membahas krisis kepemimpinan dan krisis kepercayaan terhadap Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono," ujar Darmizal melalui keterangannya, Jumat 19 Februari 2021.

Darmizal yang belakangan lebih dikenal sebagai ketua umum Relawan Jokowi (Rejo) itu juga memerinci nama-nama pendiri dan tokoh senior PD yang menghadiri pertemuan tersebut.

Di antaranya ialah Ketua Umum Partai Demokrat pertama Subur Budhisantoso, dan Umar Said yang juga mantan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat.

Baca Juga: Tinggalkan Istana Selamanya, Ratu Elizabeth Cabut Semua Gelar Kehormatan Pangeran Harry dan Meghan Markle

Tokoh pendiri dan senior Partai Demokrat yang juga hadir ialah I Wayan Sugiana,  Jhoni Allen Marbun, dan Agus Abubakar.

Darmizal menegaskan bahwa PD harus segera menggelar KLB demi masa depan partai jawara Pemilu 2009 itu. Alasannya, saat ini pamor PD di bawah komando AHY terus merosot.

"Kesimpulan dari pertemuan itu menyepakati harus segera diadakan KLB untuk memilih ketua umum baru yang dianggap mampu dan memiliki kapasitas dan membawa Partai Demokrat disukai masyarakat Indonesia serta membuat besar," ucapnya.

Lucunya, AHY sebelumnya sempat bertemu dengan Subu Budhisantoso pada Minggu 14 Februari 2021.

Baca Juga: Pernyataan Dukungan Tsamara Amany Terhadap Revisi UU ITE Berbuah Cemoohan, Begini Alasannya

Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, pertemuan antara AHY dan Subur turut membahas isu kudeta di internal Partai Demokrat yang bergulir beberapa waktu lalu.

"Iya, Prof Budhi menyayangkan pihak yang tidak bertanggung jawab yang mencatut nama beliau. Padahal, beliau 100 persen mendukung kepemimpinan AHY dan seluruh langkah serta kebijakan yang selama ini ditempuh AHY sebagai Ketua Umum," kata Herzaky, Senin 15 Februari 2021.

Selain bertukar pikiran tentang Partai Demokrat, kata Herzaky, AHY dan Subur membahas kondisi kebangsaan terkini.

Baca Juga: Bentuk 2 Tim Soal Revisi UU ITE, Mahfud MD: Benar Enggak Ini Perlu Direvisi

Herzaky mengatakan, pertemuan antara AHY dan Subur itu menandakan bahwa AHY merupakan sosok yang menghargai para senior, termasuk senior di Partai Demokrat.

Menurut dia, diskusi antara AHY dan Subur pun berlangsung cair karena keduanya sudah lama saling mengenal.

Herzaky menyebut, Subur merupakan sosok pendiri dan kader senior Partai Demokrat yang benar-benar peduli terhadap partainya.

"Tak perlu banyak berkoar di media, tapi terus memantau situasi dan perkembangan Partai Demokrat, serta mendukung penuh penerusnya," ujar Herzaky.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x