Indonesia Dapat Peringatan dari WHO: Masih Banyak Orang yang Meninggal!

- 22 September 2021, 20:20 WIB
WHO keluarkan peringatan untuk Indonesia.
WHO keluarkan peringatan untuk Indonesia. /REUTERS/Denis Balibouse.

 

GALAMEDIA - Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan pemerintah Indonesia agar tidak terlalu melonggarkan syarat-syarat bagi masyarakat berkegiatan di tempat umum meski jumlah kasus Covid-19 cenderung melandai.

Secara tegas, Senior Adviser to WHO Director General Diah Satyani Saminarsih menyatakan Indonesia belum terbebas dari bahaya pandemi, sehingga tidak ada alasan untuk lengah.

"Kalau sekarang Indonesia dalam kondisi kasus yang turun, harus diingat bahwa angka itu adalah jumlah orang yang sakit, dan orang yang sakit itu tetap membutuhkan resources. Kemudian tetap masih ada banyak orang yang meninggal," kata Diah dalam sebiah acara diskusi secara virtual, Rabu, 22 September 2021.

Meski angka positivity rate kini berada di bawah ambang batas WHO yakni 5 persen, ia menyatakan, potensi kasus yang tidak terdeteksi.

Terutama akibat pelacakan yang tidak optimal di daerah.

Baca Juga: Program Bansos Tak Dihentikan, Mensos Risma: Kemensos Anggarkan Rp 74,08 Triliun

"Artinya, sama sekali belum keluar dari bahaya dan belum selesai sebenarnya," imbuhnya.

Diah juga mengingatkan potensi Indonesia kembali mengalami lonjakan gelombang ketiga utamanya menjelang libur Natal dan Tahun baru.

Apabila pemerintah tidak membatasi mobilitas warga secara maksimal, maka tidak menutup kemungkinan Indonesia akan bernasib sama dengan negara tetangga yang saat ini mengalami lonjakan.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x