Perangi Korupsi: Pemuda Berintegritas Sebagai Amunisi Lawan Korupsi

- 6 Februari 2023, 16:20 WIB
Ilustrasi Perangi Korupsi: Pemuda Berintegritas Sebagai Amunisi Lawan Korupsi
Ilustrasi Perangi Korupsi: Pemuda Berintegritas Sebagai Amunisi Lawan Korupsi /ANTARA/M Risyal Hidayat/

GALAMEDIANEWS - Masalah korupsi merupakan masalah global dan kompleks yang telah menjadi sangat memprihatinkan karena mempengaruhi semua sektor kehidupan. 

Menurut Transparency International, korupsi semakin memburuk di berbagai wilayah di dunia, dan Afrika masih menjadi wilayah yang paling memprihatinkan. 

Korupsi telah menghancurkan sistem ekonomi, sistem demokrasi, sistem politik, sistem hukum, sistem pemerintahan, dan tatanan sosial dunia, termasuk di Indonesia.

Melihat berbagai tindakan para pelaku korupsi yang merugikan keuangan negara, pemuda sebagai ujung tombak bangsa harus sadar akan perannya sebagai agen perubahan, yaitu sebagai penerus, pengganti, dan pembaharu.

Baca Juga: KORUPSI: Kita Ikut Memberikan Subsidi Kepada Koruptor, Bagaimana Bisa, Simak Penjelasannya!

Pemuda harus bangkit dan bersatu untuk menyatakan perang terhadap korupsi. Sayangnya, hingga saat ini masih banyak pemuda yang belum sadar akan dampak buruk dari perilaku korupsi.

Bahkan, Wakil Ketua KPK, Lili Pintauli Siregar, juga pernah menyatakan bahwa masih banyak anak muda yang terjerat kasus korupsi. Hal ini menunjukkan bahwa peran pemuda belum sepenuhnya sadar akan bahaya korupsi bagi keberlangsungan NKRI. 

Dikarenakan kurangnya kesadaran akan nilai integritas dalam diri pemuda. Sehingga mereka dapat terseret ke dalam praktik tindak pidana korupsi. 

Oleh karena itu, dalam pemberantasan korupsi perlu adanya kesadaran dari generasi muda untuk berperilaku anti korupsi melalui penanaman nilai-nilai integritas.

Halaman:

Editor: Imam Ahmad Fauzan

Sumber: Buku Pintar Anti Korupsi KPK


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x