Ekonomi Spanyol Terparah di Eropa, Ekonom Madrid Sebut Negara Bagaikan Tengah Dilanda Peperangan

- 1 Agustus 2020, 01:10 WIB
Seorang warga tengah melewat di jalan sekitar Kota Madrid, Spanyol.
Seorang warga tengah melewat di jalan sekitar Kota Madrid, Spanyol. /


GALAMEDIA - Pandemi covid-19 (virus corona) telah menjerumuskan ekonomi zona euro ke dalam resesi bersejarah. Spanyol menderita paling parah berdasarkan angka yang diterbitkan pada Jumat (31/7/2020).

Produk domestik bruto zona euro turun 12,1 persen antara kuartal pertama dan kedua tahun 2020. Penurunan paling tajam selama 25 tahun terakhir, menyusul penurunan 3,6 persen pada kuartal pertama.

Ekonomi Spanyol menyusut 18,5 persen dalam tiga bulan hingga Juni. Dari angka itu, total kontraksi dalam enam bulan pertama tahun ini menjadi 22 persen. Ini pun menghapus semua keuntungan yang dibuat dalam tujuh tahun sejak resesi terakhir.

"Ini adalah jenis kejatuhan yang akan dilihat seseorang dalam perang," kata José Ignacio Conde Ruiz, seorang profesor ekonomi di Universitas Complutense Madrid.

"Satu-satunya sektor yang tumbuh adalah pertanian."

Ekonomi sejumlah negara di Eropa pada kuartal kedua.
Ekonomi sejumlah negara di Eropa pada kuartal kedua.


Perancis melaporkan penurunan kuartal ke kuartal sebesar 13,8 persen untuk kuartal kedua. Ini kontraksi terbesar sejak perang dunia kedua, mengambil total pengurangan output sejak awal tahun ini menjadi 19 persen.

Ekonomi Italia menyusut 12,4 persen pada kuartal ke kuartal, kontraksi paling tajam dalam hampir empat dekade. Negara ini terperosok dalam resesi keempat dalam lebih dari satu dekade dan ekonominya sudah menyusut sebelum pandemi melanda. Kontraksi kuartal kedua membawa output kembali ke level yang terakhir terlihat pada awal 1990-an.

Baca Juga: Dituding Suruh Menghapus Foto Bersama Presiden Jokowi, Pemprov DKI Somasi Artis Ike Muti

Sebaliknya Jerman telah bernasib lebih baik sejak awal pandemi, mencatat kontraksi 12 persen sejauh ini pada tahun 2020, menurut angka yang diterbitkan pada hari Kamis (30/7/2020).

“Zona euro tidak hanya mengalami guncangan hebat tetapi juga asimetris, dengan negara-negara yang paling rentan. . . terpukul parah,” kata Nicola Nobile, di konsultan Oxford Economics, mencatat bahwa PDB per kapita blok kembali pada tingkat yang tidak terlihat sejak awal 2000-an.

Resesi luar biasa Spanyol mencerminkan tingkat keparahan dan lamanya lockdown awal. Negara ini sekarang juga menghadapi peningkatan kasus virus corona baru yang paling tajam, mengancam pembukaan kembali sektor pariwisata krusialnya.

Baca Juga: Sebut Amerika Serikat Perusak Hubungan Internasional, Pemerintah China Curhat ke Indonesia

Jessica Hinds di konsultan Capital Economics mencatat bahwa pemerintah Spanyol “terhambat oleh beban utang dan kelemahan politiknya” dan karenanya kurang mampu mendukung perekonomian dibandingkan negara-negara Eropa lainnya.

Ekonom memperingatkan bahwa pemulihan di zona euro kemungkinan akan lambat dan tidak merata. Meskipun ekonomi sebagian besar telah dibuka kembali, peningkatan baru-baru ini dalam kasus virus baru mengancam untuk memaksakan serangkaian lockdown lokal, dan setelah rebound awal, permintaan konsumen tampaknya tidak mungkin untuk segera kembali ke tingkat pra-pandemi.

Inflasi zona euro naik menjadi 0,4 persen tahun ke tahun di bulan Juli, sedikit lebih kuat dari yang diharapkan, menurut angka yang diterbitkan pada hari Jumat. Namun itu masih meninggalkan pertumbuhan harga jauh di bawah target Bank Sentral Eropa, dengan deflasi dilaporkan di beberapa negara, termasuk Spanyol dan Irlandia.

Baca Juga: Supaya Gas Bisa Dipakai Berbulan-bulan, Ini Tips dari Restoran Memasak dengan Kompor Gas

Karena pentingnya pariwisata di sektor ekonomi, "perbedaan yang kita lihat mungkin lebih nyata pada kuartal ketiga", kata Florian Hense, ekonom di Berenberg.

Sementara meski sebagian besar pasokan sekarang telah "dinyalakan", namun upaya pemulihan terkait permintaan konsumen mungkin sudah lesu, tambahnya.

Pertumbuhan penjualan ritel Jerman mereda pada Juli setelah kekuatan mengejutkan bulan sebelumnya, angka menunjukkan pada hari Jumat.

Ms Hinds mengatakan meski Perancis terlihat telah kembali ke "normal" lebih cepat dari negara lain, "pemulihan sektor konsumsi sudah membaik dan pemerintah Prancis telah mengesampingkan pemotongan PPN", menunjukkan bahwa aktivitas itu kemungkinan akan tetap di bawah pra-virus level selama beberapa tahun.

Baca Juga: Cegah Virus Corona, Presiden Filipina Rodrigo Duterte Sarankan Masker Dicuci Pakai Solar atau Bensin

"Bagian sulit dari pemulihan ini akan dimulai sekarang," kata Bert Colijn, ekonom di ING.

Selain risiko gelombang baru yang memaksa penutupan baru, ia mengatakan bahwa mulai saat ini, meningkatnya pengangguran dan kebangkrutan, bersama dengan lemahnya investasi, “akan membawa lebih banyak karakteristik kemerosotan ekonomi secara umum. . . membuat pemulihan cepat PDB ke tingkat sebelum corona tak bisa dipertanyakan”.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x