Sempat Ditutup, RSUD Cibabat Kota Cimahi Kembali Beroperasi Sejak Hari Ini

- 14 Agustus 2020, 13:50 WIB
RSUD Cibabat Kota Cimahi telah kembali beroperasi, Jumat 14 Agustus 2020. (foto: Laksmi S Sundari/galamedianews)**
RSUD Cibabat Kota Cimahi telah kembali beroperasi, Jumat 14 Agustus 2020. (foto: Laksmi S Sundari/galamedianews)** /

GALAMEDIA - Setelah sempat ditutup selama tiga hari, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat Kota Cimahi kembali beroperasi mulai Jumat 14 Agustus 2020.
Dibukanya kembali pelayanan seperti rawat inap, rawat jalan, dan IGD berdasarkan hasil swab massal terhadap kontak erat dengan pegawai yang positif Covid-19, perawat hingga dokter yang dinyatakan negatif atau tidak terpapar virus tersebut

Sebelumnya, pelayanan di rumah sakit yang berlokasi di Jalan Amir Mahmud  tersebut ditutup karena adanya belasan pegawai yang terkonfirmasi positif terpapar virus korona atau Covid-19.

"Hasilnya ahamdulillah negatif semua. Jadi semua pelayanan dibuka," kata Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna saat ditemui di gedung DPRD Kota Cimahi Jkn. Djulaeha Karmita, Jumat 14 Agustus 2020.

Baca Juga: Dalam 24 Jam, di Brazil Ada 1.262 Kematian Baru Akibat Covid-19

Ia mengatakan, temuan kasus positif di lingkungan RSUD Cibabat tentunya menjadi pembelajaran, khususnya bagi internal RUd Cibabat. Ajay meminta seluruh pegawai untuk lebih menyadari pentingnya menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

"Karena kemarin kenanya (tertularnya) bukan di dalam (RSUD Cibabat), di luar kenanya. Yang terus kita sarankan ke temen-temen untuk lebih edukasi," imbuhnya.

Sementara kondisi pegawai RSUD Cibabat yang terkonfirmasi positif, lanjut Ajay, sejauh ini kondisinya cukup baik. Mereka menjalani perawatan RSUD Cibabat.

"Kondisinya bagus-bagus. Malahan 3 orang sudah sembuh katanya," ucap Ajay.

Baca Juga: BNNK Bandung Kembali Serukan Tagline Hidup Sehat 100%

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan dan Penunjang  RSUD Cibabat, dr. Ars. Agustiningsih menambahkan, dari total sekitar 1.000 lebih pegawai yang sudah dilakukan swab test, yang hasilnya baru keluar sekitar 556 lebih yang merupakan pegawai prioritas.

"Prioritas itu dokter, perawat, kontak erat yang pelayanan langsung sudah keluar hasilnya. Negatif semua," ujar Ars.

Sedangkan sisanya sekitar 488 pegawai, terang Ars, hasilnya direncanakan hari ini keluar. Mereka merupakan tenaga penunjang yang bertugas di bagian administrasi atau manajemen RSUD Cibabat yang tidak melakukan pelayanan langsung kepada masyarakat.

"Hasilnya insyaallah keluar hari ini," ucap Ars.

Baca Juga: Kabupaten Bandung Masih Zona Kuning Covid-19, Warga Jangan Gelar Kegiatan yang Mengundang Massa

Dengan pertimbangan tenaga kesehatan yang sudah dinyatakan negatif, kata Ars, pihaknya akhirnya memutuskan untuk membuka pelayanan. "Dibuka lagi normal. Tadi lihat sudah ada pasien yang rawat jalan. Di IGD juga sudah mulai ada yang datang," sebutnya.

Untuk pencegahan, lanjut Ars, pihaknya sejak awal sudah menerapkan protokol kesehatan Covid-19 kepada semua orang, baik pegawai dan pasien yang masuk ke rumah sakit. Dari mulai pengecekan suhu tubuh hingga diharuskan mencuci tangan.

"Terus kunjungan ke pasien kan tidak diperbolehkan. Yang jaga atau nunggu pasien juga dibatasi hanya 1 orang saja," tuturnya.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x