Puluhan Orang Dilarikan ke RSUD Cililin Usai Hadiri Resepsi Pernikahan di Gununghalu

- 15 Agustus 2020, 13:39 WIB
Seorang warga yang mengalami keracunan di Gunung Ranji Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya diperiksa petugas dari Puskesmas Kawalu, Senin, 27 Juli 2020 lalu.
Seorang warga yang mengalami keracunan di Gunung Ranji Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya diperiksa petugas dari Puskesmas Kawalu, Senin, 27 Juli 2020 lalu. /Pikiran-rakyat.com/Asep M Saefuloh/

GALAMEDIA - Usai menghadiri pesta pernikahan, sebanyak 34 warga Desa Sirnajaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat mengalami gejala  sakit perut, kepala pusing, mual hingga muntah-muntah dan diare.

Mereka harus mendapat penanganan medis di puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cililin.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, mereka diduga mengalami keracunan usai menyantap hidangan makanan pesta pernikahan di Kampung Mariuk, Kamis 13 Agustus 2020 malam.

Baca Juga: Konsumennya Antre, Jasa Cat Ulang Sepeda di Kota Bandung Raup Untung di Masa Pandemi

Setelah kembali ke rumahnya, satu persatu warga yang hadir dalam hajatan itu merasakan gejala mual, pusing hingga muntah-muntah.

"Dalam waktu hampir bersamaan warga yang hadir merasakan gejala yang sama.  Ada yang kondisinya lemah hingga dibawa ke puskesmas," kata Kepala Desa Sirnajaya Suhardi melalui telepon, Sabtu 15 Agustus 2020.

Ia menyebut, ada 34 warga yang mengalami gejala keracunan. Sebagian cukup ditangani di Puskesmas Gununghalu dan ada yang dirujuk ke RSUD Cililin.

Baca Juga: Libur Long Weekend, Jalur Menuju Kawasan Wisata Puncak Bogor Macet

Rinciannya, 32 orang dirawat di Puskesmas Gununghalu sementara 2 orang  dirujuk ke RSUD Cililin. Keduanya dirujuk ke RSUD Cililin karena harus mendapat penanganan lebih intensif.

"Keduanya mengalami  kejang-kejang dan terus  buang air besar hingga sampai keluar darah. Peralatan di puskesmas yang terbatas akhirnya dirujuk ke RSUD Cililin ," ujarnya.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x