Bukan Sinovac, Pemerintah China Telah Patenkan Vaksin Corona yang Manjur dan Aman

- 17 Agustus 2020, 12:15 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19.
Ilustrasi vaksin Covid-19. /


GALAMEDIA - Pemerintah China untuk pertama kali memberikan persetujuan kepada kandidat vaksin Covid-19 (virus Corona) yang dikembangkan secara domestik. Vaksin Corona buatan CanSino Biologics Inc mendapatkan paten dari otoritas China.

Seperti dilansir Reuters, Senin 17 Agustus 2020, surat kabar nasional China, People's Daily, melaporkan soal pemberian izin atau paten itu pada Ahad 16 Agustus 2020 waktu setempat. Kandidat vaksin Corona bernama Ad5-nCoV itu menjadi vaksin pertama yang mendapatkan izin dari otoritas China sejauh ini.

Dokumen dari Lembaga Kekayaan Intelektual Nasional China yang dikutip People's Daily menyebutkan bahwa paten itu diberikan sejak 11 Agustus lalu.

Baca Juga: Tetap Tak Bersuara Soal UEA-Israel, Arab Saudi Lebih Fokus Jadi 'Kekasih Gelap'

CanSino Biologics Inc yang merupakan perusahaan biofarmasi spesialis vaksin di China, mengembangkan kandidat vaksin Corona bernama Ad5-nCoV bersama tim yang dipimpin pakar penyakit menular dari militer China, Chen Wei.

China Global Television Network (CGTN) dalam laporannya, yang juga mengutip dokumen Otoritas Kekayaan Intelektual Nasional China, menyebut bahwa vaksin Ad5-nCoV itu akan bisa diproduksi secara massal dalam waktu singkat.

Pihak CanSino dalam pernyataannya menyebut bahwa pemberian paten terhadap kandidat vaksin Corona buatannya mengonfirmasi kemanjuran dan keamanan vaksin tersebut, serta secara tegas menunjukkan kepemilikan atas hak kekayaan intelektual (IPR) China.

Baca Juga: Perhimpunan Ahli Epidemiolog Nyatakan Pandemi Covid-19 di Indonesia Masih Jauh dari Kata Berakhir

Seorang pakar vaksin China, Tao Lina, yang dikutip CGTN menyebut bahwa pemberian paten akan memfasilitasi proses pemasaran vaksin tersebut. Sebuah paten resmi dari pemerintah, sebut Tao, juga akan meningkatkan kepercayaan pasar pada vaksin-vaksin Corona buatan China, khususnya di pasar internasional.



Bulan ini, Arab Saudi mengungkapkan rencana untuk memulai uji coba klinis fase 3 bagi kandidat vaksin buatan CanSino itu. Pihak CanSino sendiri juga tengah melakukan pembicaraan dengan Rusia, Brasil dan Chile untuk melakukan uji coba klinis di negara-negara tersebut.

Baca Juga: Peringatkan AS dan Taiwan, Kapal Perang China Tembakkan Meriam dan Torpedo di Laut China Selatan

Di Indonesia vaksin asal China yang dikembangkan merupakan besutan Sinovac Biotech Ltd. Perusahaan asal China ini menjadi satu dari empat produsen yang bergerak ke tahap akhir dalam perlombaan pengembangan vaksin Covid-19

Di Indonesia, Sinovac bekerja sama dengan Bio Farma untuk memproduksi vaksin virus corona. Vaksin virus corona bikinan perusahaan yang berbasis di Beijing ini sudah melewati uji klinis fase I dan II. Fase III digelar termasuk di Indonesia beberapa hari ini.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x