China Pamerkan Latihan Penembakan Rudal, Taiwan Kian Gandeng Erat Amerika Serikat

- 20 Agustus 2020, 07:50 WIB
Rudal Balistik DF-26 milik China.
Rudal Balistik DF-26 milik China. /

GALAMEDIA - Hari Rabu 19 Agustus 2020 media pemerintah China merilis klip video yang menunjukkan kapal angkatan laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) sedang melakukan latihan penembakan rudal di Laut China Timur.

Namun media tersebut tidak menyebutkan kapan latihan itu dilakukan PLA.

Juga tidak disebutkan apakah latihan itu adalah bagian dari latihan militer Komando Teater Timur PLA di dekat selat dan perairan sekitarnya yang diumumkan oleh juru bicara komando, Kolonel Senior Zhang Chunhui  pada 13 Agustus lalu.

Terkait hal itu juru bicara militer Taiwan Shih Shun-wen Rabu kemarin mengatakan angkatan bersenjata negara tersebut memiliki pemahaman penuh tentang situasi dan telah mempersiapkan langkah-langkah darurat untuk melindungi keamanan negara.

"Pemerintah China tidak pernah meninggalkan penggunaan kekuatan terhadap Taiwan dan kami terus memantau perkembangan terbaru di kawasan itu. Kami akan terus meningkatkan kemampuan pertahanan kami," tambahnya dilasir Focus Taiwan Kamis 20 Agustus 2020.

Shih menolak mengomentari laporan New York Times tertanggal 17 Agustus yang mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan bahwa AS dapat mengirim kapal perang ke pelabuhan Taiwan atau bahkan perwira militer AS diizinkan untuk berkunjung.

Laporan itu juga mengatakan bahwa beberapa pejabat pemerintah AS mengatakan AS menjual senjata ke Taiwan baru-baru ini dan peningkatan transit kapal perang AS melalui selat itu seiring meningkatnya ketegangan antara AS dan China.

Dikatakan Washington harus menjelaskan kepada Beijing dan Taipei bahwa mereka akan membela Taiwan jika PLA mencoba melakukan invasi.

"Pemerintah tidak mungkin mencoba menempatkan pasukan di Taiwan. Tetapi untuk di pelabuhan dimungkinkan, seperti juga kunjungan petugas berseragam dan program pelatihan di Taiwan, kata pejabat AS," menurut laporan itu.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x