Kabupaten Bandung Catat Kasus Tertinggi Cacar Sapi, Masyarakat Diimbau Tak Panik

- 26 Juni 2023, 14:13 WIB
DKPP Jabar dan Dinkes Jabar memberikan penjelasan terkait kasus PMK dan LSD, dalam acara Gaspol PWI Pokja Gedung Sate, di Hotel Citarum Bandung, Senin, 26 Juni 2023./Lucky M Lukman/Galamedianews
DKPP Jabar dan Dinkes Jabar memberikan penjelasan terkait kasus PMK dan LSD, dalam acara Gaspol PWI Pokja Gedung Sate, di Hotel Citarum Bandung, Senin, 26 Juni 2023./Lucky M Lukman/Galamedianews /

GALAMEDIANEWS - Kabupaten Bandung mencatat kasus tertinggi cacar sapi atau Lumpy Skin Disease (LSD) pada sapi di Jawa Barat menjelang tibanya Hari Raya Idul Adha 2023.

Meski begitu, masyarakat diminta untuk tidak panik karena Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jabar bersama dinas di daerah setempat sudah melakukan berbagai langkah antisipasi.

Baca Juga: Memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI), Kenali Resiko Berbahaya dan Cara Pengobatannya

Kepala UPTD Rumah Sakit Hewan DKPP Jabar, Yoni Darmawan mengatakan, sejauh ini daerah di Jabar yang masuk zero infected case hanya Kota Bandung.

Dari hasil pengecekan yang dilakukan terkait LSD, DKPP Jabar memetakan tiga kategori daerah dengan angka kasus di bawah 50 hingga di atas 100 dalam satu pekan.

Yoni menerangkan, daerah dengan kasus aktif yang masih di bawah 50 yaitu Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi, Kota Cirebon, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bogor, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Bekasi, Kota Banjar, Kota Sukabumi dan Kota Cimahi.

"Sedangkan daerah dengan 50 hingga 100 kasus yaitu Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Karawang dan Kabupaten Ciamis," kata Yoni, dalam acara Galang Aspirasi Politik (Gaspol) PWI Pokja Gedung Sate dengan tema 'Hewan Kurban Sehat, Masyarakat Rasakan Manfaat', di Hotel Citarum, Senin, 26 Juni 2023.

Baca Juga: Observatorium Bosscha Telah Dibuka Kembali, Tiket Kinjungan Dipesan Secara Online

Yoni menambahkan, untuk daerah di Jabar dengan kasus cacar sapi atau LSD di atas 100, tercatat ada beberapa. Seperti Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Subang, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Garut, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Majalengka.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x