Bocoran Pj Gubernur Jabar Gantikan Ridwan Kamil: Ada Eks Kapolrestabes hingga Mantan Kepala Kejati Jabar

- 31 Juli 2023, 16:45 WIB
Ilustrasi Gedung Sate. Bocoran Pj Gubernur Jabar Pengganti Ridwan Kamil: Ada Eks Kapolrestabes hingga Mantan Kepala Kejati Jabar.
Ilustrasi Gedung Sate. Bocoran Pj Gubernur Jabar Pengganti Ridwan Kamil: Ada Eks Kapolrestabes hingga Mantan Kepala Kejati Jabar. /tangkapan layar Instagram.com/@gedungsate

GALAMEDIANEWS - Bahasan mengenai Pj Gubernur Jabar pengganti Ridwan Kamil mulai ramai diperbincangkan. Sejumlah nama beken muncul ke permukaan.

Beberapa pihak memprediksi sosok Pj Gubernur Jabar pengganti Ridwan Kamil akan datang dari unsur Polri atau TNI. Meski begitu, ada juga yang menyebut nama-nama birokrat dan aparat penegak hukum lainnya.

Belakangan ini, nama eks Kapolrestabes Bandung Irjen Pol. Hendro Pandowo dan mantan Kepala Kejati Jabar Asep N Mulyana juga santer disebut-sebut sebagai calon Pj Gubernur Jabar.

Baca Juga: KPK Diminta Periksa 2 Pejabat Pemkot Bandung Terkait Skandal Suap Yana Mulyana

Selain itu, ada juga beberapa nama jenderal polisi lainnya yang dinilai layak memimpin rakyat Jabar hingga tahun 2024 mendatang. Mereka dianggap mampu meredam situasi dan menjaga kondusifitas jelang pesta demokrasi.

Seperti diketahui, Ridwan Kamil akan selesai bertugas sebagai Gubernur Jabar pada 5 September 2023. Ia bersama wakilnya, Uu Ruzhanul Ulum, sudah memimpin Jawa Barat sejak tahun 2018.

DPRD Jabar akan menentukan nama Pj Gubernur Jabar pada bulan Agustus 2023 ini dan masih menunggu surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Ketua Komisi I DPRD Jabar, Bedi Budiman menuturkan, DPRD Jabar diberikan waktu satu bulan untuk mengusulkan nama Pj ke Mendagri.

"Kami itu diberikan waktu sekitar satu bulan sebelum masa jabatan gubernur habis, 5 Agustus 2023. Kemungkinan paripurna 1 Agustus 2023 itu Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akan menyampaikan 'pamitan'," kata Bedi, baru-baru ini.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah