Hadapi El Nino, Provinsi Lampung Diminta untuk Bantu Produktivitas Pangan Nasional

- 2 Agustus 2023, 17:26 WIB
Ilustrasi petani mengerjakan sawah untuk menunjang produktivitas pangan. / PEXELS / Polina Chistyakova
Ilustrasi petani mengerjakan sawah untuk menunjang produktivitas pangan. / PEXELS / Polina Chistyakova /

GALAMEDIANEWS - Dalam menghadapi El Nino, Provinsi Lampung ditunjuk oleh pemerintah pusat untuk membantu memenuhi kebutuhan pangan nasional. Diketahui bahwa saat ini fenomena El Nino bisa berdampak pada kekeringan, yang mempengaruhi produktivitas pangan. 

 

Dilansir dari Antara, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo hadir di Kabupaten Lampung Tengah pada rapat koordinasi antisipasi dampak El Nino Provinsi Lampung. Rabu, 2 Agustus 2023 untuk memberikan arahan mengenai antisipasi atas ancaman dampak El Nino.

"Kedatangan saya di Lampung ini dalam rangka melaksanakan gerakan nasional dalam menghadapi El Nino. Sesuai perintah Presiden. Ada enam provinsi utama dan empat provinsi yang menjadi penyangga pangan saat El Nino," ujar Syahrul Yasin Limpo. 

Menurut pemaparan Syahrul Yasin, Provinsi Lampung dipilih menjadi salah satu penyangga pangan saat El Nino datang. Provinsi lain yang ditunjuk adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Selatan, dan Sulawesi Selatan.

Syahrul mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan beberapa langkah untuk mengantisipasi dampak kekeringan dari El Nino yang bisa berpengaruh pada turunnya produksi pangan. 

Baca Juga: KPK Panggil Mentan Syahrul Yasin Limpo Jumat Terkait Penyelidikan Dugaan Korupsi di Kementerian Pertanian

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x