Derita Sakit Berkepanjangan, Shinzo Abe Disebut Bakal Mundur dari Jabatan Perdana Menteri Jepang

- 28 Agustus 2020, 16:04 WIB
Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe
Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe //Bloomberg



GALAMEDIA - Shinzo Abe dikabarkan bakal mengundurkan diri dari jabatan Perdana Menteri Jepang akibat mengalami sejumlah masalah kesehatan.

Kabar tersebut disampaikan stasiun televisi pemerintah Jepang, NHK.

"Abe bermaksud untuk mengundurkan diri karena penyakitnya memburuk dan dia khawatir hal itu akan menimbulkan masalah," ujar seorang sumber yang tidak disebutkan namanya oleh NHK mengutip dari AFP, Jumat 28 Agustus 2020.

Baca Juga: Sejumlah Artis Diusung PDI-P untuk Bertarung di Pilkada Serentak di Jabar

Dikutip Sputniknews, spekulasi sang Perdana Menteri akan menanggalkan jabatan menguat setelah setidaknya dia melakukan dua kali kunjungan ke rumah sakit dalam rentang waktu satu pekan terakhir.

Salah satu kunjungan itu dilaporkan berlangsung selama delapan jam. Dari kunjungan itu dia pun diketahui mengidap penyakit kolitis ulserativa dengan kondisi kronis.

Disebutkan Sputniknews partai yang tengah berkuasa di Jepang saat ini, Partai Demokratik Liberal (LDP), sejauh ini gagal meredam rumor mundurnya Abe yang sudah terlanjur menjadi bola panas di kalangan masyarakat lokal bahkan dunia.

Baca Juga: Wanita yang Terus-menerus Mengeluarkan Darah Penyakit (istihadhah)

Sekutu LDP bersikeras dalam pekan ini, Abe akan melanjutkan peran puncak pemerintahannya sampai masa jabatannya sebagai presiden partai dan sebagai perdana menteri setidaknya akan berakhir dalam satu tahun.

Sementara itu, Juru bicara pemerintah, Yoshihide Suga, mengatakan dia bertemu Abe dua kali sehari dan tidak melihat ada yang menunjukkan dia dalam kondisi kesehatan yang buruk.

"Terlalu dini untuk membicarakan tentang 'pasca-Abe', karena dia masih memiliki sisa lebih dari satu tahun dalam masa jabatannya," ujarnya.

Baca Juga: Sebut Lawan 'Made In China', Trump Resmi Tantang Joe Biden di Ajang Pemilu AS November Mendatang

Dilaporkan lebih lanjut pada hari ini, Abe juga akan berkonsultasi lagi dengan dokter terkait masalah kesehatannya. Dia juga akan menggelar jumpa pers pada pukul 17.00 waktu setempat.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x