WHO Memohon Agar Mendapatkan Akses Bantuan Medis dan Bahan Bakar untuk ke Gaza

- 2 November 2023, 15:29 WIB
Rumah Sakit Indonesia (RSI) yang dibangun di Jalur Gaza, Palestina.
Rumah Sakit Indonesia (RSI) yang dibangun di Jalur Gaza, Palestina. /Dok. MER-C

GALAMEDIANEWS - Direktur Jendral Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO ) Tedros Adhanom Ghebreyesus, menyerukan akses penuh untuk mengeluarkan bantuan medis dan bahan bakar ke Gaza segera mungkin. Tidak ada kata - kata yang bisa menggambarkan keprihatian kami terhadap pasien yang baru saja kehilangan, satu - satunya kemungkinan untuk menerima pengobatan kanker atau perawatan paliatif yang mendapatkan menyelamatkan nyawa. Pada Rabu 1 November 2023.

"Saya mendesak dan memohon sangat untuk mendapatkan akses penuh terhadap bantuan medis dan bahan bakar 'Sekarang juga' semakin kita menunggu semakin kita membahayakan kehidupan warga yang menderita kanker dan membahayakan nyawa yang sangat renta" ujarnya.

Rumah Sakit Persahabatan Turki - Palestina satu - satunya rumah sakit umum untuk pasien kanker di Jalur Gaza tidak dapat berfungsi karena serangan Israel dan kekurangan bahan bakar, penjelasan Dokter Without Borders ( MSF ) pada Rabu 1 November 2023.

Baca Juga: Israel Kembali Bombardir Area Rumah Sakit Al-Quds dan Rumah Sakit Eropa di Gaza Palestina

"Sampai hari ini pun rumah sakit tersebut tidak dapat digunakan lagi karena kekurangan bahan bakar karena beberapa serangan yang mempengaruhi fasilitas yang ada, ini adalah satu - satunya rumah sakit umum untuk pasien kanker di Jalur Gaza sekarang nyawa puluhan sampai ratusan pasien kanker di rumah sakit terancam oleh serangan Israel tersebut," ujar MSF di X.

Organisasi nirlaba media itu mengatakan bahwa Israel terus mencegah pemasukan bahan bakar ke Gaza, yang sangat penting untuk memasok listrik di rumah sakit - rumah sakit dan fasilitas yang ikut diserang selama konflik terbaru antaranya Israel dan kelompok Hamas Palestina. Tentara Israel telah memperluas serangan udara dan darat di Jalur Gaza, yang telah mengalami serangan udara tanpa henti - hentinya sebagai balasan atas serangan lintas batas yang dilancarkan Hamas pada 7 Oktober 2023.

Baca Juga: 22 Daftar Boikot Produk Israel, Karena Memberi Dukungan Militer dan  Sebabkan Korban Tewas di Palestina

Lebih dari 10.300 korban telah tewas dalam konflik, termasuk 8.796 orang atau warga Palestina dan lebih dari 1.538 warga Israel. Selain menimbulkan atau menyebabkan jatuhnya korban jiwa pasokan makanan atau bahan pokok, bagi 2,3 juta penduduk Gaza semakin menipis karena blokade Israel.***

Editor: Dicky Aditya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x