HJKB 210: Oded-Yana Ziarah ke Makam Leluhur Kota Bandung

- 22 September 2020, 11:23 WIB
Wali Kota Bandung, Oded M. Danial dan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana bersiarah ke makam pendiri Kota Bandung. /Darma Legi/galamedia

GALAMEDIA - Menjelang Hari Jadi ke-210 Kota Bandung, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial dan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana berziarah ke makam para Bupati Bandung terdahulu, Selasa 22 September 2020.

Turut serta pada ziarah ini di antaranya, Wakil Ketua I DPRD Kota Bandung Ade Supriadi.

Oded beserta rombongan peziarah berjalan kaki dari Pendopo Kota Bandung. Ziarah pertama yaitu ke makam Raden Adipati Aria (R.A.A.) Wiranatakusumah II, atau yang lebih dikenal sebagai Dalem Kaum (1794-1829). Dalem Kaum memiliki nama asli Indradireja.

Baca Juga: Ternyata Donor Plasma Darah Banyak Manfaatnya, Tapi Ketahui juga Efek Sampingnya

Di makam yang berlokasi di Jalan Dalem Kaum itu juga terdapat makam Nyi Rd. Kendran, Bupati Bandung XV, Rd. Tumenggung Male Wiranatakusumah, dan Penghulu Kabupaten Bandung Rd. Moch Soleh.

Tak jauh dari lokasi pertama, lokasi kedua berada di Jalan Karang Anyar. Rombongan kembali berjalan kaki.

Makam yang kedua diziarahi adalah makam Rd. Tumenggung Wiranatakusumah III (1829-1846) atau yang berjuluk Dalem Karang Anyar. Di sana juga terdapat makam Pahlawan Nasional Rd. Dewi Sartika.

Baca Juga: Waspada, Daerah Ini Akan Dilanda Cuaca Ekstrem Hingga 28 September 2020

Dalam siaran pers yang diterima galamedia, saat memimpin ziarah, Oded berpesan kepada seluruh yang hadir untuk memaknai prosesi ziarah ini sebagai pengingat kepada yang masih hidup untuk melanjutkan perjuangan para pemimpin terdahulu.

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X