Djoni Toat Ajak Warga Keturunan Tionghoa Gunakan Hak Pilih di Pemilu 2024

- 6 Februari 2024, 19:58 WIB
Tokoh Tionghoa, Djoni Toat ajak warga gunakan hak pilih pada Pemilu 2024./ist
Tokoh Tionghoa, Djoni Toat ajak warga gunakan hak pilih pada Pemilu 2024./ist /

GALAMEDIANEWS - Warga Tionghoa di Jawa Barat diajak untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 yang jatuh pada tanggal 14 Februari 2024.

Ajakan tersebut datang dari salah satu tokoh Tionghoa, Djoni Toat. Ia juga merupakan tokoh Tionghoa yang aktif di dunia sosial kemasyarakatan di Kota Bandung dan sekitarnya.

Djoni Toat menyampaikan ajakan bersamaan dengan momen perayaan Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili, yang jatuh pada tanggal 10 Februari 2024.

Menurut Djoni Toat, meski jumlah warga keturunan Tionghoa hanya 4,5 persen dari jumlah penduduk Indonesia, ada banyak jasa dari warga etnis Tionghoa bagi kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Baca Juga: Pemda Bandung Barat Bakal Lunasi Tunggakan 27 Mahasiswa UIN Bandung Asal KBB Jalur Bansos Usai Terancam DO

"Kemerdekaan Bangsa Indonesia tidak lepas dari peran serta etnis Tionghoa," ujar dia, Selasa, 6 Februari 2024.

Salah satu peran itu, ujar dia, terjadi di Karawang saat dua 'founding father' Indonesia yaitu Bung Karno dan Bung Hatta sempat disembunyikan oleh para pemuda Indonesia untuk segera memerdekakan Indonesia.

Menurut dia, semua orang telah mengetahui Bung Karno dan Bung Hatta ini 'diculik' para pemuda Indonesia untuk dibawa ke rumah Djiauw Kie Siong. Ia merupakan seorang petani baik hati yang cinta terhadap Indonesia secara utuh.

"Karenanya kini di Karawang di wilayah Rengasdengklok rumah tersebut dijadikan museum bernama Museum Pengasingan Soekarno. Tak jauh dari rumah itu pun dibangunkan Monumen Kebulatan Tekad untuk memperingati peristiwa bersejarah ini," jelasnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x